Kades Situdam Belum Juga Diganti - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Situdam Belum Juga Diganti

Kades Situdam Belum Juga Diganti

Written By Mang Raka on Senin, 25 April 2016 | 15.30.00

- Bupati Didesak Taati Putusan PTTUN

JATISARI, RAKA- Setelah adanya putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) Bandung dan Mahkamah Agung atas eksekusi (pergantian) Kepala Desa situdam beberapa waktu lalu, hingga kini putusan tersebut belum juga dijalankan Pemkab Karawang. Iwan Kurniawan masih menjabat Kades Situdam belum digantikan oleh Jejen.
Tokoh masyarakat Jatisari, Salim Atmaja, mendesak Bupati Karawang, dr Cellica Nurrachadiana, untuk segera menjalankan perintah hukum PTTUN Bandung dan Mahkamah Agung atas eksekusi (pergantian) Kepala Desa situdam. "Saya sangat prihatin melihat kinerja pemerintah daerah. Karena tidak taat hukum. Harusnya segera menjalankan putusan PTTUN dan MA terkait pilkades Situdam," tegas Salim, kepada Radar Karawang, Minggu (24/4).
Dia menyampaikan, sebagai penyelenggaran negara, harusnya patuh terhadap aturan hukum yang berlaku. Terlebih Karawang saat ini dipimpin oleh tokoh muda, seharusnya bisa cepat mengambil tindakan, sehingga tidak menjadi presedan buruk bagi institusi pemerintahannya. "Kenapa sampai hari ini belum ada reaksi. Harusnya pemda menunjukan tindakan seadil-adilnya, sesuai dengan aturan hukum yang berlaku," pintanya.
Dia menilai saat ini seolah-olah pemda melakukan pembiaran, padahal hasil putusan secara hukum merupakan putusan tertinggi, sehingga tidak mungkin ada lagi proses hukum yang bisa ditempuh. Menurutnya, pembiaran tersebut bisa disebabkan karena lambannya kinerja OPD dan para staf pemerintahannya atau memang bupatinya. Hal itu bisa dinilai dengan sudah dilakukannya hearing antara forum BPD kabupaten dengan komisi A, bahkan dalam hearing tersebut dihadiri bagian hukum, Asda 1 termasuk BPMPD.  "Apakah harus menunggu adanya konflik horizontal antar masyarakat terlebih dahulu? Itu jelas sangat tidak diharapkan," ujarnya.
Dia juga mempertanyakan kinerja komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Karawang. Pasalnya, hearing yang dilakukan tersebut dilakukan pada 12 April 2016 lalu. Seharusnya hasilnya  sudah sampai di meja bupati dan bupati segera melakukan tindakan. "Tanggal 8 April 2016 lalu, PTTUN Bandung juga sudah melayangkan surat kepada Presiden Joko Widodo dan kepada DPR RI, agar memerintahkan eksekusi (terkait Desa Situdam) kepada Bupati Karawang," ujarnya.
Dia juga menegaskan, jika melihat ketentuan yang berlaku, maka Kepala Desa Situdam selama ini cacat hukum. Sehingga produk-produk pemerintahan desa yang dilakukan patut dipertanyakan. "Pemerintahan desanya juga cacat hukum dong. Ini tidak bisa dibiarkan begitu saja," ucapnya.
Pemerhati Hukum, Risman L Sipayung, juga mendesak agar Bupati Karawang taat tehadap hukum dengan segera melantik Jejen menjadi Kepala Desa Situdam, Kecamatan Jatisari.
"Dasar hukumnya juga sudah jelas, dengan dikeluarkannya penetapan eksekusi oleh Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung tanggal 21 Desember 2015 nomor 27/Pen.Eks/2013/PTUN-BDG Jo No.245/B/2013/PT.TUN JKT Jo No.300 K/TUN/2014 yang telah berkekuatan hukum tetap," jelasnya.
Adapun amar putusannya, pertama menolak eksepsi-eksepsi dari Bupati Karawang sebagai tergugat I dan tergugat II intervensi untuk seluruhnya. Kedua, menyatakan batal dan mencabut SK tergugat II nomor:141.1/Kep.861-HUK/2012 mengenai pengangkatan Iwan Kurniawan sebagai pejabat Kepala Desa Situdam Kecamatan Jatisari Karawang.
Ketiga Bupati Karawang agar mengeluarkan SK tentang pengesahan pemberhentian pejabat Kepala Desa Situdam Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang dan pengangkatan penggugat Jejen sebagai Pejabat Kepala Desa Situdam periode 2012-2018. "Jadi tidak ada alasan bagi Bupati Karawang kecuali taat dan patuh terhadap aturan hukum yang berlaku," tegasnya. (zie)




Amar putusan PTTUN
- Pertama, menolak eksepsi-eksepsi dari Bupati Karawang sebagai tergugat I dan tergugat II intervensi untuk seluruhnya.
- Kedua, menyatakan batal dan mencabut SK tergugat II nomor:141.1/Kep.861-HUK/2012 mengenai pengangkatan Iwan Kurniawan sebagai pejabat Kepala Desa Situdam Kecamatan Jatisari Karawang.
- Ketiga Bupati Karawang agar mengeluarkan SK tentang pengesahan pemberhentian pejabat Kepala Desa Situdam Kecamatan Jatisari, Kabupaten Karawang dan pengangkatan penggugat Jejen sebagai Pejabat Kepala Desa Situdam periode 2012-2018.

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template