Ibu-ibu Darangdan Dilatih Jadi Pengusaha - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ibu-ibu Darangdan Dilatih Jadi Pengusaha

Ibu-ibu Darangdan Dilatih Jadi Pengusaha

Written By Mang Raka on Senin, 18 April 2016 | 15.30.00

DARANGDAN ,RAKA - Warga Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, antusias mengikuti program pelatihan teknik pengemasan industri kecil dan menengah (IKM). Ini dilakukan panitia dari STIE Wikara Kabupaten Purwakarta untuk meningkatkan ekonomi berbasis keterampilan wilayah desa setempat.
Ketua pelaksana IKM Hilman (25) menjelaskan, kegiatan IKM merupakan program yang telah diagendakan pihaknya, dalam rangka meningkatkan tingkat perekonomian masyarakat Desa Mekarsari. Pasalnya wilayah tersebut merupakan tempat puluhan mahasiswa (STIE) Wikara Purwakarta, melaksanakan program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat (KPPM). "Kita harap keberadaan mahasiswa yang ada di desa ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,'' kata dia kepada Radar Karawang, Minggu (17/4).
Menggandeng Dinas Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Purwakarta, pelatihan yang diberikan bukan hanya program IKM saja, pelatihan peningkatan sumber daya manusia (P2SDM) juga didapatkan para ibu rumah tangga. "Kita bawa Disperindag agar dapat membantu terutama dalam pemasaran, dan untuk pelatih itu sendiri kita rangkul orang-orang yang mempuni di bidangnya masing-masing,'' ujarnya.
Dikatakan Hilman, sasaran kegiatan ini bertujuan agar semua masyarakat di Desa Mekarsari, memiliki rasa percaya diri dalam membuka peluang usaha, sehingga tidak terus menerus mengandalkan orang lain. "Namun warga di sini yang harus mengekspor ke luar sehingga perekonomian di Desa Mekarsari akan semakin meningkat," ungkap mahasiswa jurusan manajemen akutansi itu.
Bertempat di balai desa lanjut dia, kegiatan IKM difokuskan seperti pengemasan keripik, kue, dan membuat kantong dari kertas karton. Sementara  P2SDM difokuskan untuk melatih keterampilan tangan. Salah satunya membuat hantaran selain harus teliti dalam melipat kain, tingkat kesabaran juga dibutuhkan dalam membuat aneka ragam bentuk.  "Saya yakin dengan seringnya ada pelatihan seperti ini, pengetahuan serta wawasan masyarakat akan semakin bertambah, sehingga akan memiliki rasa percaya diri untuk mengembangkanl lebih jauh,''paparnya.
Sementara itu, Kepala Desa Mekarsari H Sutisna mengaku, mahasiswa KPPM STIE Wikara Purwakarta sejauh ini sangat membantu. Selain sering berpartisipasi dalam kegiatan aparatur desa, keberadaan puluhan mahasiswa ini benar-benar dapat diandalkan.
"Jujur saja warga di sini memang membutuhkan campur tangan orang-orang yang berpendidikan, terutama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Mekarsari," katanya. (cr2)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template