Hak Politik Perempuan Dijamin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Hak Politik Perempuan Dijamin

Hak Politik Perempuan Dijamin

Written By Mang Raka on Rabu, 20 April 2016 | 15.30.00

PURWAKARTA, RAKA - Keharusan adanya keterwakilan perempuan dalam parlemen, menjadi hal yang semakin menegaskan peran seorang Kartini masa kini dikancah perpolitikan yang dinamis. Selain tentunya terhadap pribadi maupun lingkungan sosialnya.
Jelang peringatan Hari Kartini dan menanggapi geliat sosok Kartini-kartini masa kini, yang sukses dan berhasil menjadi legislatif maupun eksekutif di dalam pemerintahan baik pusat maupun daerah. Ketua DPC PKB Kabupaten Purwakarta, Hj Neng Supartini mengakui jika seorang perempuan harus mengikuti semua perkembangan zaman, tak terkecuali politik. "Sebagai kaum Hawa kita harus menegaskan kembali aktualisasi perempuan, idealnya kita harus membekali perempuan-perempuan di era globalisasi ini dan jangan dilupakan juga, bagaimana sebenarnya kita berpolitik santun," katanya kepada Radar Karawang, Selasa (19/4).
Wakil Ketua DPRD Purwakarta itu juga berharap kasus-kasus seperti yang menimpa Angelina Sondakh serta Gubernur perempuan pertama yakni Ratu Atut Chosiyah, tidak terulang kembali. "Disisi lain, masih banyak sosok perempuan yang sukses menduduki jabatan tertinggi di pemerintahan di tanah air ini," ujarnya
Kembali pada peran perempuan dalam dunia politik, Neng menambahkan, jangan pernah takut ataupun termarjinalkan sebagai seorang perempuan, apalagi dalam UU Nomor 2 Tahun 2008 mengamanatkan perlunya pendidikan politik dengan memperhatikan keadilan dan kesetaraan gender, dalam aturan tersebut ditegaskan mengenai porsi keterwakilan gender yang 30 persen.
"Kita bisa berkiprah di dunia politik, pemerintahaan ataupun di swasta. Hak perempuan adalah hak azasi manusia. Hak kita tidak boleh diperkecil dan dipinggirkan dari segala hak yang telah ada. Intinya stop diskriminasi terhadap wanita, karena wanita bisa berbuat untuk bangsa ini seperti kaum laki-laki dan bisa jadi seorang pemimpin," pungkasnya. (cr2)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template