Habis Dibobol Maling, Desa Cikarang Langsung Diperiksa Inspektorat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Habis Dibobol Maling, Desa Cikarang Langsung Diperiksa Inspektorat

Habis Dibobol Maling, Desa Cikarang Langsung Diperiksa Inspektorat

Written By Mang Raka on Rabu, 20 April 2016 | 16.00.00

-Beragam Data Pemerintahan Hilang

CILAMAYA WETAN, RAKA - Baru seminggu yang lalu Kantor Desa
Cikarang dibobol maling hingga peralatan teknologi dan data-datanya hilang. Selasa pagi (19/4), Inspektorat Karawang perdana menggelar pemeriksaan reguler di desa ini. Meskipun dikhawatirkan file dan data pemerintahan tidak maksimal saat pemeriksaan, kades dan perangkatnya tetap yakin dan optimis bisa menyelesaikan beragam temuan dan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) rampung selama 10 hari kedepan.
Kades Cikarang Tajudin mengatakan, atas kejadian pencurian yang melanda kantor desanya, ia sudah melayangkan laporan polisi dengan Nomor 300/01/2016/Des ke Polsek Cilamaya. Itu sudah diteruskan ke kecamatan dan kabupaten. Barang-barang yang dicuripun beragam, bahkan tanpa alasan yang jelas, pencuri juga sampai membuka brangkas file-file penting desa seperti Surat Pertanggungjawaban (SPJ) dan dokumen beberapa kepala urusan. Baginya, tidak memungkinkan pencurian ini munculkan spekulasi ke lawan politik, karena sudah rahasia umum saat Pilkades sekalipun, Cikarang banyak orang menyebutnya sebagai calon gembolan.
Karenanya, terus Tajudin, dalam pemeriksaan saat ini pihaknya akan sampaikan kepada inspektorat apa yang bisa dipenuhi dan dokumen yang masih terselamatkan. Walaupun terusnya,  temuan Desa Cikarang masih 73,89 persen, pihaknya jamin dalam waktu 10 hari kedepan upayakan rampung 100 persen. "Ya kita berikan informasi dan data yang masih ada, mudah-mudahan gak banyak kendala sih," kata dia berharap.
Ketua Irban II Inspektorat Karawang Mukhlis Villy mengungkapkan, pihaknya sudah mendengar atas musibah kemalingan di kantor Desa Cikarang. Bagi inspektorat, yang jelas pemerintah desa harus segera membuat laporan perihal alat dan kelengkapan desa yang hilang. Bukan saja ke kepolisian, tetapi juga ke pihak kecamatan dan kabupaten secara tertulis. Dalam setiap pemeriksaan tambah Mukkhlis, dipastikannya setiap desa pasti akan ada temuan. Dirinya apresiasi, temuan di Desa Cikarang yang baru 73,89 persen, siap ditangani para perangkat desanya dalam tempo waktu 10 hari kedepan agar bisa memenuhi 100 persen. Tapi ia ingatkan, kehilangan barang dan data paska musibah ini, bukan menjadi alasan bagi pemerintah desa loyo dalam melayani masyarakat dan membuat pertanggungjawabannya. Lisan tandas Mukhlis bisa saja berkilah dan mengklaim segala sesuatunya sudah dilaksanakan pihak desa, tapi inspektorat hanya akan menagih bukti berupa data dan dokumen yang mendukungnya. Jangan sampai setiap ada temuan, terus-terusan terulang tanpa penanganan tiap tahun. "Yang jelas kami minta segera laporkan apa saja yang hilang, itu tertulis ke kecamatan, kepolisan maupun kabupaten," tandas dia lagi.
Sebelumnya, dikabarkan, Kantor Desa Cikarang yang tanpa penjagaan di malam hari, berhasil dibobol kawanan maling pekan kemarin. Bukan saja laptop dan komputer yang berhasil digasak, sejumlah dokumen, data dan peralatan lainnya ikut hilang. Berikut laporan kehilangan yang dilayangkan Kades Cikarang kepada Polsek Cilamaya :

1. Komputer merk Samsung 8 unit
2. Printer Merk Espson 2 unit
3. Kipas angin 2 unit
4. Timbangan 3 buah
5. Speaker 2
6. Laptop merk Samsung 1 unit
7. Kerusakan kaca jendela
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template