GOR Panatayuda Diusulkan Jadi Kawasan Perparkiran - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » GOR Panatayuda Diusulkan Jadi Kawasan Perparkiran

GOR Panatayuda Diusulkan Jadi Kawasan Perparkiran

Written By Mang Raka on Sabtu, 30 April 2016 | 15.00.00

KARAWANG, RAKA - Desakan agar pemerintah kabupaten mengentaskan persoalan kemacetan makin menguat. Terlebih setelah sejumlah upaya yang dilakukan, baik menerapkan pola jalur satu arah maupun revitalisasi trotoar, ternyata tak banyak membantu. Sementara masyarakat menilai, macet di wilayah perkotaan dan cenderung terjadi akibat parkir dipinggir jalan harus menemukan solusi.

Salah satunya dengan membangun area perparkiran umum di sekitar Gedung Olahraga (GOR) Panatayuda, yang dapat menampung kendaraan-kendaraan yang parkir dipinggir jalan. Pemilihan GOR ini lantaran pertimbangan disepanjang Jalan Bypass Ahmad Yani merupakan kawasan perkantoran dan sekolahan. Paling tidak bisa menampung mobil-mobil yang diparkir disepanjang lima kilometer dari bunderan Mega M hingga pertigaan lampu merah Karangindah.
"GOR Panatayuda ideal dijadikan tempat parkir umum. Apalagi kan disekitar itu banyak perkantorannya dan seringkali terlihat mobil-mobil yang parkir dipinggir jalan di ruas jalan itu," ujar Vie Kartawinata, baru-baru ini.
Saat ini GOR Panatayuda memiliki fungsi penting sebagai satu-satunya sarana olah raga yang dimiliki warga Karawang dan juga menjadi pusat kegiatan olah raga. Namun saat ini bisa dibilang memprihatinkan, karena kondisinya selain sudah tidak tertata rapi lagi. Kondisinya juga kotor karena kurangnya perawatan membuat GOR satu-satunya itu semakin tidak nyaman untuk sarana olah raga yang membutuhkan suasana segar dan sehat dari kondisi kotoran.
Kondisi tidak terawat bisa dilihat dari banyaknya rumput yang tidak ada pemotongan dan sampah banyak ditemukan dimana-mana diarea GOR. Selain itu juga kondisi itu diperparah dengan kesemberautan penjual yang dulu hanya terfokus disekitaran pinggir GOR dan bukan ditempat olah raganya,tapi saat ini terkesan adanya pembiaran penjual yang bebas dengan adanya penjual permanen berada dipinggi lapangan Basket. Ditambahkan, selain rumput, sampah dan juga ketidakjelasan pengaturan titik penjual membuat GOR Panatayuda seolah tidak ada yang bertanggungjawab. GOR Panatayuda merupakan asset Pemda dan untuk kepentingan masyarakat.
Setidaknya seperti itu, masih dilanjutkan Vie, Warga Karawang Kota ini optimis sekitar halaman GOR bisa menjadi solusi mengatasi kemacetan yang terjadi disekitar Jalan Ahmad Yani. Apalagi lokasinya juga terjangkau dari Jalan Tuparev, sehingga bisa juga menjadi pilihan menampung kendaraan-kendaraan yang parkir di jalan itu, yang kerap menjadi penyebab terjadinya penyempitan badan jalan, hingga berakibat kemacetan.
Senada itu, Rahmat Dani, warga yang intens mengamati permasalahan perkotaan di Karawang sependapat dengan vie. Menurut dia yang mesti dibehani terlebih dulu adalah Jalan Tuparev. Karena menurut dia, badan jalan itu sebetulnya sangat lebar. Dengan kondisi jalan seperti itu mestinya sudah terbebas dari kemacetan. Tetap yang terjadi malah sebaliknya. "Sebenarnya itu jalan cukup lebar, tapi kenapa bisa sampai menciut begitu. Coba saja untuk jalan itu dibebaskan dari area parkir, keadaannya pasti akan sangat nyaman," katanya.
Terkait itu, beberapa waktu lalu, Wakil Bupati Ahmad Zamakhsyari tegas-tegas menyatakan bakal menertibkan ruas-ruas jalan yang selama ini menjadi titik rawan macet.
Selain jalur jalur interchange, baik Interchange Karawang Barat maupun Timur, termasuk yang berada disekitar pangkalan-pangkalan pasir (lansir) pintu tol Karawang Timur. Termasuk ruas-ruas jalan didepan pasar tradisional.
Demikianpun yang di Karawang Barat, disekitar bunderan Badami-Loji. Bahkan macet di Interchange Karawang Barat kerap kali diakibatkan kendaraan-kendaraan besar yang parkir disekitar bunderan tersebut. Didamping ruas Jalan Byapass Ahmad Yani yang sering diakibatkan bubaran anak sekolah. (ari)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template