Gabungan Komunitas Pemuda Rayakan Hari Bumi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gabungan Komunitas Pemuda Rayakan Hari Bumi

Gabungan Komunitas Pemuda Rayakan Hari Bumi

Written By Mang Raka on Senin, 25 April 2016 | 14.30.00

KARAWANG, RAKA - Ada yang unik dengan yang dilakukan oleh kawula muda Karawang. Dalam rangka memperingati hari bumi (earth day) kemarin, para pemuda kompak membuat tumpeng raksasa hasil pangan dan buah-buahan berukuran tiga meter.

Ketua Pelaksana Earth Day, Yayan Sopian mengatakan, tema peringat earth day kali ini adalah membunasikan. Arti dari membunasikan ini, kata dia, bahwa dengan menjaga bumi sama dengan menjaga pangan yang menjadi salah satu bagian terpenting energi yang harus dijaga oleh manusia.
Acara yang digelar di Jalan Veteran Kelurahan Karawang Wetan, Kecamatan Karawang Barat ini, Yayan menggambarkan bahwa kerusakan bumi akan mempengaruhi terhadap rawan pangan dan hasil bumi lainnya. Dapat dilihat, kerusakan bumi menyebabkan anomali cuaca yang mempengaruhi tentang kondisi alam dalam dunia pertanian. "Saat musim kemarau akan menjadikan kekeringan, sedangkan saat musim hujan justru menyebabkan banjir di wilayah pertanian," ujarnya.
Bukan hanya sekedar pesta tumpeng dari hasil bumi, Yayan menyebutkan acara ini pun menggelar talkshow bersama Badan Ketahanan Pangan setempat untuk sosialisasikan tentang keadaan pangan. Acara ini juga digelar oleh gabungan beberapa komunitas diantaranya adalah Forkadasc+, Save, Berbagi Nasi Karawang dan kedai Das Kopi.  "Acara ini juga di dukung langsung oleh Badan Ketahanan Pangan Karawang," kata Yayan.
Sementara itu Sekretaris Badan Ketahanan Pangan Setempat, R Supandi menyebutkan acara bertepatan dengan earth day dirinya berharap sosialisasi melalui even berupa tumpeng hasil pangan mengenalkan tentang produk-produk lokal asli Karawang. "Dapat kita lihat ada terubuk dan kawista yang merupakan hasil panen khas Karawang. Sementara banyak masyarakat yang belum mengetahui hasil tanam asli Karawang," ujarnya.
Even-even besar lainnya pun kemungkinan akan digelar untuk mengkampanyekan mengenai pangan. Kegiatan ini,  Badan Ketahanan Pangan sendiri adalah menjadikan raja pangan dikota sendiri. (ega)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template