Distribusi Dana CSR Harus Merata - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Distribusi Dana CSR Harus Merata

Distribusi Dana CSR Harus Merata

Written By Mang Raka on Selasa, 12 April 2016 | 15.00.00

JATISARI, RAKA- Tokoh masyarakat Jatisari mempertanyakan anggaran corporate social responsibiliti (CSR) yang seharusnya dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan yang ada di Karawang. Pasalnya, selama ini dia belum mengetahui perusahaan mana yang sudah menggunakan dana CSR-nya ke Kecamatan Jatisari.
"Pengelolaannya harus jelas dan transparan. Pabrik di Karawang kan banyak. Harusnya bisa menjadi sumber bagi pemda untuk melakukan pembangunan diluar anggaran yang ada," ujar tokoh masyarakat Jatisari, AA Rohman, kepada RAKA, Senin (11/4).
Dia menyampaikan, dana CSR harus bisa didistribusikan secara proporsional ke kecamatan-kecamatan. Jangan sampai hanya terfokus kepada kecamatan yang terdapat perusahaannya saja. Karena mau tidak mau, Karawang yang dulunya dikenal dengan lumbung padi, kini sudah mulai dikenal juga sebagai kota industri. "Yang dapat label kota industrinyakan Karawang, Jatisari termasuk kecamatan yang ada di Karawang, maka harus ada perhatiannya juga," pintanya.
Dia menyampaikan, penyaluran dana CSR juga jangan sampai disalahgunakan oleh oknum tertentu, dia mencontohkan orang dekat bupati. Karena apa yang dilakukan pemda saat ini dengan gencar melakukan sidak ke perusahaan-perusahaan dengan membawa romobongan diluar pemerintahan. "Jangan sampai nanti dana CSR hanya dimanfaatkan oleh kelompok tertentu saja. Semuanya harus transfaran. Biarkan masyarakat tahu," ujarnya.
Di tempat terpisah, sekretaris Camat Cikampek, Purwadi,S.Ip.MM sangat mendukung langkah Wakil Bupati Karawang mendatangi perusahaan-perusahaan yang ada di Karawang, selain menanyakan persoalan ketenagakerjaan, pengelolaan limbah, juga tentang dana CSR. "Tidak ada satu pun perusahaan yang ada di Cikampek memberikan laporan atau pemberitahuan secara tertulis untuk dijadikan  arsip oleh pihak kecamatan Cikampek," ujarnya.
Dia menyampaikan, kawasan industri di Kabupaten Karawang ini terbesar di Asia Tenggara. Tentunya, jika amanat Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas yang mengamanatkan 2.5 persen dari laba selama 1 tahun dari perusahaan diperuntukan untuk dana CSR, maka bisa digunakan untuk mengoptimalkan program pemda. "Tidak ada data satu pun di Kecamatan Cikampek. Perusahaan mana yang telah mengeluarkan dana CSR nya. Meskipun sering ada kegiatan dari berbagai perusahaan kepada masyarakat katanya dana CSR," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template