Distan Terima Bantuan Alat Pertanian - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Distan Terima Bantuan Alat Pertanian

Distan Terima Bantuan Alat Pertanian

Written By Mang Raka on Rabu, 27 April 2016 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Pertanian Kehutanan Perkebunan dan Peternakan (Distanhutbunak) Karawang menerima bantuan alat teknis pertanian dari pemerintah pusat untuk mendukung program ketahanan pangan. Bantuan tersebut nantinya akan disalurkan kembali ke sejumlah kelompok tani (poktan) di daerah ini.

"Alat-alat ini merupakan bantuan, sudah tiba sekitar beberapa hari untuk membantu kegiatan para kelompok tani di Karawang untuk memacu hasil produktivitas panen nanti," ungkap Kepala Bidang Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Distahutbunak Karawang, Usmaniah, Selasa (26/4).
Usmaniah mengatakan, bantuan sendiri terdiri dari 3 jenis alat diantaranya adalah traktor, sebuah alat tanam padi yaitu Rice Transplanter, kemudian adalah pompa air.
"Ketiga alat ini diberikan untuk sejumlah kelompok tani yang telah mengajukan dan mengikuti program," ucapnya.
Dia menyebutkan, seperti kategori untuk penerima alat trakor diperuntukan bagi poktan yang belum memiliki alat traktor atau baru memiliki satu traktor saja. "Soalnya kita menghitungnya perkepemilikan lahan poktan sebesar 15 hektar untuk satu traktor. Misalnya dipoktan tersebut luas lahannya 30 hektar, tetapi mereka sudah memiliki satu traktor sebelumnya, jadi kita kasih mereka satu traktor," ungkapnya.
Traktor yang diajukan sebanyak 320 unit, sedangkan yang saat ini telah diterima Distanhutbunak sebanyak 78 unit. "Karena kita tidak memiliki gudang penyimpanan, sehingga meminta distribusinya secara bertahap," terangnya.
Usmaniah juga menegaskan, dari 2057 poktan di Karawang tidak semua poktan menerima. Hal tersebut diprioritaskan bagi poktan yang tidak bermasalah dan belum pernah menerima bantuan dari pemerintah. Bukan hanya itu, sarat lain untuk menerima bantuan adalah pagi para poktan yang telah melakukan asuransi lahannya. "Saat ini kan yang telah diasuransikan lahan di Karawang sebanyak 500 hektar," imbuhnya.
Selain itu, untuk transplanter akan diberikan kepada sejumlah poktan yang mengikuti program dengan tehnik tanam jajar legowo atau jarwo. "Jumlahnya sebanyak 42 unit, tetapi yang saat ini telah sampai 36 unit. Semuanya akan diberikan kepada 42 poktan," ujarnya.
Sedangkan untuk bantuan pompa air berjumlah 64 unit yang akan diserahkan kepada 64 poktan yang telah mengajukan. "Kalau pompa sendiri sudah datang ke kita semuanya," kata dia. (ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template