Disdikpora Dinas Penting Dongkrak SDM - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Disdikpora Dinas Penting Dongkrak SDM

Disdikpora Dinas Penting Dongkrak SDM

Written By Mang Raka on Sabtu, 30 April 2016 | 16.30.00

KLARI, RAKA - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) dinilai sebagai dinas terpenting untuk membentuk sumber daya manusia (SDM) calon-calon tenaga kerja Karawang, melalui peningkatan mutu pendidikan, terutama peningkatan kemampuan SDM siswa. Terlebih, tidak sedikit siswa setelah lulus sekolah ternyata sulit untuk bekerja karena kualitas pendidikannya dinilai tidak memadai.

pemerhati masalah pendidikan, Nuryulianto, beberapa waktu lalu, mengatakan itu. Menurut dia sumber daya manusia (SDM) menjadi hal mutlak untuk bisa bersaing dengan tenaga-tenaga kerja diluar karawang dan mendapatkan pekerjaan. Agar hal itu bisa terpenuhi diperlukan kerjasama berbagai pihak terutama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans). Hanya saja, terkadang upaya yang dilakukanpun terkesan terlambat. Hal inilah yang memicu pendapat agar pembentukan kualitas SDM dilakukan seharusnya sudah sejak dini. "Kami menginginkan mutu pendidikan Karawang ditingkatkan, agar dapat memenuhi kebutuhan perusahaan," ujarnya.
Nur menambahkan, alokasi APBD Kabupaten Karawang terkait pendidikan sekitar 40 persen, harus dioptimalkan agar mencapai mutu yang tinggi. Dinas terkait harus membangun mutu pendidikan, ditunjang dengan sarana yang memadai. Saran yang harus dibangun mulai dari perpustakaan, laboratorium, sarana penunjang keahlian, serta lainnya. "Dinas terkait harus mempersiapkan MEA pada tahun 2015 ini, agar siswa yang lulus tidak banyak yang nganggur," ungkapnya.
Terkait itu, desakan meningkatkan kualitas program pendidikan melalui penyebaran bea siswa yang merata terhadap siswa berprestasi pun menjadi usulan. Selain mengubah mindset masyarakatnya bahwa kehidupannya tidak akan lebih baik jika tidak berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Program-program pendidikan dan kesehatan warga kota harus diproritaskan dengan tindakan yang nyata Pemkab. Selain itu pemerintah kalau membuat program jangan hanya jadi sebuah siasat untuk menjadikan warganya lebih baik, tetapi harus benar-benar untuk memajukan rakyatnya.
Karenanya, selain perlu keseriusan pemkab untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) tenaga karawang yang dinilai masih rendah, pemkab juga diharapkan makin mempergencar pelatihan-pelatihan mental dan keterampilan yang berorientasi kepada kebutuhan lapangan pekerjaan. Selain mengembangkan wadah apresiasi dan kreatifitas.
Seperti diakui Head of Academic LP3I, Taman Cahya Saputra, beberapa waktu lalu, banyaknya kawasan di Karawang yang dihuni perusahaan dari yang besar hingga menengah, tidak menjadikan masyarakat bisa menduduki jabatan idealnya untuk seorang tuan rumah. Bahkan ada image jika mempekerjakan masyarkat Karawang perusahaan lebih cenderung ogah-ogahan. Dikatakan Taman, hal itu karena mungkin secara mental masyarakat Karawang kalah dibanding dengan para pendatang dari luar Karawang. ”Pengalaman saya, perusahaan lebih tertarik jika yang melamar adalah pekerja diluar Karawang,” jelasnya.
Selain mental bekerja, masyarkat Karawang yang mencari pekerjaan lebih cendrung yang posisinya sebagai operator. Hal ini bisa dilihat dari sekian banyak peluang yang ada diperusahaan pekerja yang berasal dari Karawang lebih dominan berada diposisi operator pabrik.
Ditambahkan Taman, banyak juga kesempatan yang tidak bisa direbut masyarakat Karawang bukan karena kesempatan itu ditutup. Tapi sejauh ini baik dari kenyataan ataupun realita dilapangan bahwa faktor SDM dan mental lah yang membuat kesempat sebagai tuan rumah dikota industri baru sebatas menjadi operator. Ironis, namun memang ternyata SDM yang harus dipersiapkan secara berkonsep, baik masyarakat, pemerintah setempat dan juga lembaga pendidikan yang ada di Karawang harus mulai dari sekarang memiliki visi dan misi untuk membentuk SDM yang bisa menikmati perkembangan Karawang sebagai kota yang menjadi kota industri terbesar saat ini. (ari)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template