Direktur PT IBR Belum Dicekal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Direktur PT IBR Belum Dicekal

Direktur PT IBR Belum Dicekal

Written By Mang Raka on Sabtu, 09 April 2016 | 12.30.00

-Dewan akan Bentuk Pansus Pencemaran Danau Kalimati

Dugaan pencemaran lingkungan B3 yang dilakukan oleh PT Indho Barat Rayon (IBR) terus bergulir, bahkan para wakil rakyat di gedung putih Ciganea berencana akan membuat Pansus terkait masalah tersebut.
Dari informasi yang berhasil dihimpun, DPRD Purwakarta berencana akan membuat pansus tentang dugaan pencemaran lingkungan, yang dilakukan pihak perusahaan tersebut. “Beberapa hari ini akan kita kaji terlebih dahulu, perlu atau tidaknya di buat Pansus. Nanti saya kabari selanjutnya,” ujar Ketua DPRD Purwakarta Sarip Hidayat, saat dihubungi wartawan.
Pimpinan Lokal PT IBR, Irwan Setiawan S.Sos MH yang juga mengurusi pekerja asing menegaskan, pihaknya belum menerima pencekalan terhadap Direktur Finance Sibnath Agarwalla sebagai tersangka yang mewakili korporasi PT IBR. "Saya tegaskan dalam hal ini bahwa tenaga kerja asing yang saya jamin (Sibnath Agarwalla) hanya bertindak sebagai yang mewakili korporasi PT IBR atas perkara tersebut, bukan secara person," ujarnya, kepada Radar Karawang.
Menurutnya, terkait pencekalan terhadap Sibnath, Irwan juga mengatakan hingga kemarin pihaknya belum menerima surat pencekalan terhadap Sibnath. "Akan kita upayakan agar Sibnath Agarwalla kooperatif dalam menyelesaikan permasalahan ini," kata dia.
Selain itu, terkait permasalahan teknis yang berkaitan denga limbah yang mencemari Danau Kalimati, Irwan menjawab bahwa hal itu bukan wewenangnya untuk menjelaskan permasalahan itu. "Secara teknis bagaimana pencemaran itu terjadi, saya kurang paham, dan bukan wewenang saya," kata Irwan.
Sebelumnya diketahui, Kementerian Lingkungan Hidup melalui Kejaksaan Agung menetapkan perwakilan korporasi, Direktur Finance PT IBR Sibnath Agarwalla sebagai tersangka pencemaran Danau Kalimati di Desa Cilangkap. Kecamatan Babakancikao. Dalam keterangannya, Kasi Pidum Kejari Purwakarta Azwar Hamid mengatakan, tidakan yang dilakukan perusahan menyebabkan tercemarnya baku mutu air, baku mutu tanah dan baku mutu lingkungan hidup. "Dalam waktu dekat segera kita limpahkan berkas perkaranya ke pengadilan. Terhadap tersangka yang mewakili korporasi itu kita kenakan pasal 98 jo 116 ayat 1 hurup a jo pasal 119 UU 32/2009 tentang lingkungan hidup jo pasal 64 ayat 1 KUHP," ujarnya kepada sejumlah awak media, belum lama ini. (cr2/ps)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template