Dinkop Ancam Bubarkan Koperasi Nakal - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dinkop Ancam Bubarkan Koperasi Nakal

Dinkop Ancam Bubarkan Koperasi Nakal

Written By Mang Raka on Senin, 18 April 2016 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Koperasi dan UMKM Karawang terus bersinergi dengan koperasi yang ada di Karawang sejauh mereka mengikuti aturan koperasi yang ada. Jika dalam perjalanan Dinas Koperasi dan UMKM menemukan koperasi yang tidak menjalankan kewajiban sebagaimana koperasi, pembubaran koperasi akan dilakukan.

Kabid Wasdal Dinas Koperasi dan UMKM Karawang, Heri Daryanto mengatakan koperasi wajib menjalankan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai kewajiban koperasi sebagai koperasi yang sehat. Dalam RAT sendiri akan dibahas pertanggungjawaban pengurus, pertanggungjawaban pengawas dan juga melahirkan rencana koperasi satu tahun kedepan. "Jika koperasi selama tiga tahun berturut- turut tidak menggelar koperasi, Dinas Koperasi dan UMKM berhak membubarkan koperasi dengan sebelumnya dilakukan pembinaan,jika tetap melanggar bisa dibubarkan selamanya," terang Heri saat memberikan penjelasan pentingnya RAT bagi koperasi dalam acara RAT koperasi KSP Sinar Jaya, akhir pekan (16/4) kemarin.
Heri menjelaskan saat ini, Dinas Koperasi dan UMKM tengah gencar melakukan pembinaan dan pengawasan, jika dalam perjalanan ditemukan koperasi yang berbadan hukum tapi tidak menjankan kewajiban koperasi seperti tercantum dalam uu koperasi, maka pihaknya, tidak segan-segan mengambil langkah sesuai tahapan yang berlaku. Sesuai peraturan menteri (permen) UU koperasi sebanyak 16 permen dikelaurkan per 8 Oktober 2015 kemarin. "Kita akan melakukan pengawasan dan pembinaan dengan tujuan memperkuat keberadaan koperasi yang ada," kata Heri.
Dimana pengawasan dan pembinaan Dinas Koperasi dan UMKM salah satunya penyelanggaran RAT, dengan koperasi rajin atau rutin menggelar RAT. Maka keberadaan koperasi akan dikatakan sehat, hal itu sesuai dengan roh koperasi yang pemegang kekuasaan tertinggi ada diseluruh anggota koperasi selaku pemegang tertinggi koperasi. "Seperti KSP Sinar Jaya, salah satu koperasi yang akan diberi nilai bagus oleh Dinas Koperasi dan UMKM Karawang. Ini sesuai dengan kewajiban koperasi salah satunya menggelar RAT koperasi," ungkapnya.
Wardi Sigalingging, Ketua Koperasi Sinar Jaya mengakui kalau keberadaan koperasi memang harus ada yang mengawasi dan membina. Jika tidak ada, keberadaan koperasi bisa liar dan keluar dari roh koperasi yang kekuasaan tertinggi ada diseluruh anggota koperasi. "Kita menyambut baik langkah Dinas Koperasi dan UMKM Karawang gencar melakukan pengawasan dan pembinaan. Ini akan berdampak positif guna menertibkan koperasi dan bisa menguatkan koperasi sebagai usaha ekonomi masyarakat," terangnya.
Sebelumnya, Dinas Koperasi sudah melakukan pengawasan dan pembinaan kepada 40 koperasi dari 1550 koperasi yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Karawang. Selain 40 koperasi yang sudah dilakukan pengawasan dan pembinaan, koperasi lainnya akan menyusul dilakukan hal yang sama dengan tindakan tegas bagi koperasi yang membandel. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template