Desak Relokasi PKL Cikampek - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desak Relokasi PKL Cikampek

Desak Relokasi PKL Cikampek

Written By Mang Raka on Rabu, 20 April 2016 | 12.30.00

- Pemda Diminta Sediakan Lahan

CIKAMPEK, RAKA- Penataan pedagang kaki lima (PKL) di area Pasar Cikampek dinilai setengah-setengah. PKL hanya ditata, digeser agar tidak berdidiri di badang jalan. Padahal, agar kawasan tersebut lebih tertib, PKL harus direlokasi.
Tokoh masyarakat Cikampek, H Deden Darmansah, mengaku pesimis Pemda Karawang bisa melakukan penataan Cikampek selama 100 hari. Pasalnya, sampai saat ini tidak ada perubahan yang signifikan dari kesemrautan Pasar Cikampek. "Saya tidak yakin bupati dan wakil bupati bisa menuntaskan penataan Cikampek selama 100 hari. Karena di Cikampek banyak faktor yang harus dipertimbangkan," ujar H Deden, kepada Radar Karawang, Selasa (19/4).
Dia menyampaikan, dalam menyelesaikan persoalan kesemrawutan Cikampek bentuknya tidak bisa kalau hanya sebatas penataan. Melainkan harus dilakukan relokasi dimana para PKL yang sudah lama menggantungkan hidupnya berjualan di Cikampek tetap bisa terakomodir. "Harus dalam bentuk relokasi. Karena itu sudah terlalu lama. Sehingga kami tidak mengharapkan setelah ditata, para PKL kehilangan kesempatan berdagang," jelasnya.
Oleh karena itu, tambah Deden, untuk menuntaskan persoalan kesemrawutan di Cikampek, harus melibatkan berbagai pihak. Baik itu dari lintas sektoran pemerintahan maupun dengan pihak swasta dan perorangan. Dia memberikan saran, jika pemda ingin lancar dalam melakukan penataan Cikampek, para PKL harus terlebih dahulu direlokasi dan yang paling tepat untuk relokasi adalah dengan membuka lahan yang ada diseberang Pasar Anyar Cikampek. "Pemilik lahan yang ada disebrang pasar anyar harus dilibatkan. Agar nanti dijadikan tempat relokasi," tambahnya.
Sementara untuk teknisnya, menurut Deden, itu bisa dilakukan penyewaan lahan, atau pinjam pakai, atau bahkan dilakukan pembebasan lahan oleh Pemda Karawang. Tapi yang paling ideal adalah dibeli oleh pemda, sehingga kedepannya pasar menjadi lebih  strategis. "Memang idealnya dibeli (lahan itu). Kemudian pihak PT KAI juga harus dilibatkan, terutama lahan disepanjang rel kereta yang seharusnya menjadi areal ruang terbuka hijau (RTH)," ujarnya.
Untuk kondisi saat ini, menrutnya sangat memprihatinkan, PT KAI yang seharusnya membuka lahan kiri kanan sepanjang rel kereta seluas 14 meter dijadikan RTH, ternyata malah dibangun ruko oleh pihak PT KAI sendiri. "PT KAI juga malah bangun kioskan disitu. Jadi malah makin semrawut. Bukannya membuat RTH," tegasnya.
Dia juga menyampaikan, jika berbicara pasar dan terminal, itu benar-benar harus terintegrasi, karena banyak dinas instansi yang terkait. Untuk retribusinya ke Disperindagtamben, untuk parkirnya ke dishub, untuk jalannya ke Dinas Bina Marga dan Pengairan. "Jadi perencanaannya harus mateng. Gak bisa dituntaskan hanya dengan 100 hari kerja. Belum pihak kepolisian dan Pol PP yang juga harus terlibat di dalam penataannya," ujarnya.
Lebih lanjut Deden menambahkan, sebenanrya penataan Cikampek itu lebih mudah jika dibandingkan dengan Rengasdengklok, karena kondisinya sudah terintegrasi, tinggal bagaimana pemda melaksanakan programnya itu. "Cikampek lebih mudah kok jika dibanding Rengasdengklok. Waktu saya jadi dewan di Karawang saja. Meski lahan sudah disiapkan, pedagang Pasar Dengklok tidak mau direlokasi. Kalau Cikampek saya pikir tidak yah. Tinggal bagaimana keseriusan pemdanya," ujarnya.
Sebelumnya Wakil Bupati Karawang, H Ahmad 'Jimmy' Zamakhsyari, memastikan sebelum 100 hari kerja kesemrawutan Cikampek sudah dibereskan. Termasuk keberadaan PKL yang menghalangi akses jalan menuju Terminal Cikampek. "Menata kota itu program 100 hari kerja, semuanya akan ditertibkan, termasuk Cikampek. Ini sudah program dan perintah ibu (Bupati)," ujar Jimmy, beberapa waktu yang lalu. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template