Desa Cianting Kelola Sampah Warga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Desa Cianting Kelola Sampah Warga

Desa Cianting Kelola Sampah Warga

Written By Mang Raka on Senin, 25 April 2016 | 14.30.00

SUKATANI,RAKA - Masyarakat Desa Cianting, Kecamatan Sukatani, mengaku terbantu dengan adanya pungutan sampah yang dilakukan petugas kebersihan. Pasalnya, selama ini warga Desa Cianting biasa membuang sampah ke sungai. Hal ini tidak lepas dari peran pemerintah desa yang melarang keras masyarakatnya membuang sampah sembarangan. "Kita bekerja sama dengan Dinas kebersihan Purwakarta untuk mengambil sampah ke setiap RT dan dikelola oleh karang taruna,''ujar Engkos Koswara, Kepala Desa (Kades) Cianting, kepada Radar Karawang, Minggu (24/4).
Kades Engkos mengatakan, ide tersebut berawal dari kurang sadarnya masyarakat dalam membuang sampah. Selain dapat merusak lingkungan, sampah rumahan tersebut juga dapat menjadi biang penyakit. "Kalau dulu mereka biasa buang sampah ke sungai Cisagu, makanya kita fasilitasi mereka," ujar Abah Adang, sapaan akrabnya.
Dengan biaya administrasi Rp 2000 per sekali angkut, lanjut kades, pungutan sampah biasa dilakukan petugas satu minggu dua kali yaitu pada Senin dan Jumaat. "Dan sudah berjalan sekitar 5 bulan karena ini memang program Pak Bupati juga tentang kebersihan lingkungan," kata dia.
Sebelum diangkut untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA), biasanya anggota dari karang taruna desa memilah sampah terlebih dahulu. "Diambil dan dipisahkan mana organik dan anorganik seperti cangkang air mineral kita kumpulkan untuk dijual dan uangnya masuk ke kas karang taruna," ujarnya.
Hj Siti Julaeha (45), salah satu warga Desa Cianting, Kecamatan Sukatani mengaku terbantu dengan adanya program yang diberlakukan pemerintah desa, selain menyediakan tempat pembuangan sampah biaya yang dipungut juga menurutnya cukup murah. "Karena dulu biasanya sampah saya buang ke sungai atau dibakar didepan rumah," ujar ibu dua anak itu.  (cr2)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template