Citarum Terpaksa Dikeruk untuk Hidupi Warga Batujaya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Citarum Terpaksa Dikeruk untuk Hidupi Warga Batujaya

Citarum Terpaksa Dikeruk untuk Hidupi Warga Batujaya

Written By Mang Raka on Kamis, 14 April 2016 | 12.30.00

BATUJAYA, RAKA – Minimnya lapangan pekerjaan di Batujaya membuat warga terpaksa bekerja ke kecamatan lain. Tak heran jika penduduk aslinya mayoritas bermata pencaharian pengrajin batubata.
Hampir setiap hari kepala keluarga sampai kaum hawa menghabiskan waktu mereka di bantaran Sungai Citarum membuat batu bata. Tak hanya itu, tanah yang mereka gunakan pula berasal dari bantaran sungai.
Kepala Desa Telukambulu, Ahmad Samsuri mengatakan bahwa hampir 80 persen jumlah penduduk di wilayahnya bekerja sebagai pengrajin batu-bata. Maka dari itu tak heran jika pada siang hari selalu sepi. “Hampir semua warga di sini bekerja sebagai pengrajin batu bata,” katanya.
Menurut dia selain tanah yang dipergunakan itu dari bantaran sungai Citarum. Bila mereka dipaksa berhenti mengeruk Citarum maka mereka tidak punya pekerjaan lain. “Kita juga bingung memang kalau dibiarkan akan merusak alam, tapi jika kita berhentikan dan kita larang sama saja kita membunuh warga kita sendiri, memang siapa yang mau menggajinya kalau tidak bekerja,” tuturnya.
Maka dari itu, dengan berada di wilayah pusat lahan pertanian tak jarang keberadaan lapangan pekerja seperti pembangunan pabrik-pabrik berkembang di wilayah tersebut. Karena sampai saat ini belum ada sama sekali pabrik yang bisa kontributif di Batujaya. “ Disini mah gak ada pabrik kaya di kota yang lahan lapangan pekerjaannya banyak, disini mah selain jadi petani ya jadi pekerja batu-batu,” ungkapnya.
Namun meski dengan bekerja sebagai pembuat batu-bata itu tidak menurunkan semangat masyarakat di desa untuk bekerja. Karena dari hasil pembuatan bata mereka bisa hidup dan karyanya diperjualbelikan sampai ke luar kota. “Nanti hasil batanya ada yang dibuat rumah mereka sendiri dan dijualbelikan dan bahkan ke kota tetangga,” tuturnya. (yna)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template