Cilamaya Wetan, Terbaik Kelola Raskin - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cilamaya Wetan, Terbaik Kelola Raskin

Cilamaya Wetan, Terbaik Kelola Raskin

Written By Mang Raka on Rabu, 20 April 2016 | 14.00.00

CILAMAYA WETAN, RAKA - Untuk kali kedua, Kecamatan Cilamaya Wetan meraih predikat sebagai kecamatan dengan pengelolaan Beras Miskin (Raskin) terbaik se Kabupaten Karawang tahun 2015. Senin pagi (18/4), Camat Cilamaya Wetan menerima penghargaan berupa piagam tersebut langsung dari Bupati Karawang dan menjadikan Kecamatan ini sebagai wilayah dengan pengelolaan keuangan raskin terlancar di Karawang melalui SK Nomor  501/Kep.45-Huk/2016.
Kasie Kesos Kecamatan Cilamaya Wetan Amir mengatakan  sudah memiliki 12 desa dengan sasaran Raskin 7.255 Rumah Tangga Miskin (RTM), bukanlah perkara mudah agar pengelolaannya bisa lancar. Tapi, butuh cara jitu melunasi distribusi raskin yang kuotanya mencapai 108.852 kilogram perbulannya ini.
Faktor pegawai desanya yang kreatif dan pembinaan dari kecamatan yang selalu tersampaikan di setiap minggon adalah musabab pengelolaan Raskin ini kemudian diapresiasi Pemkab Karawang. "Uang raskin di Cilamaya Wetan itu Rp 174,1 juta perbulan, kalau tidak kreatif dan getol jemput bola, mustahil bisa lancar pemasukannya," ungkap.
Lebih jauh ia menambahkan pihaknya aktif memberikan laporan ke Bagian Perekonomian ada juga Biaya Operasional Raskin (BOP) dari Bulog sebesar Rp 5 perkilogramnya harus habis dalam pendistribusiannya sendiri.
Dirinya berharap, ada peningkatan pembeda dari Bulog dan Pemkab sebagai wujud apresiasi atas prestasi yang diraih kecamatannya ini. "Lewat Prestasi ini kan ada nilai, tapi kami bekerja bukan karena mengejar penghargaan, soalnya Bulog tanpa kecamatan juga belum tentu banyak yang lunas pembayarannya," tandas dia lagi.
Sekretaris Camat Cilamaya Wetan, Wardi SH mengungkapkan apa yang sudah menjadi predikat selama 2 kali berturut-turut sebagai kecamatan dengan pengelolaan raskin terbaik, diharapkannya bisa terus dipertahankan maksimal.
Sekurang-kurangnya terus Wardi, kades dan perangkatnya aktif dalam penagihan yang teratur sehingga bisa lancar setiap bulannya.
Tapi ia percaya, keseriusan desa dan kecamatan dalam menopang kelancaran pelunasan raskin itu sudah termanaje dengan sebaik-baiknya. "Predikat ini sudah dua kali kita raih, semoga para Kades bisa terus membantu mempertahankannya setiap tahun," ajak dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template