Calon Ketua Kwarcab Pramuka Sepi Peminat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Calon Ketua Kwarcab Pramuka Sepi Peminat

Calon Ketua Kwarcab Pramuka Sepi Peminat

Written By Mang Raka on Rabu, 13 April 2016 | 14.00.00

-Cellica, Jimmy dan Toto Punya Peluang

LEMAHABANG WADAS, RAKA- Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Karawang direncanakan bakal menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) pada 30 April mendatang. Dalam Muscab yang kabarnya bakal digelar di Hotel Kalihurip, Organisasi kepanduan ini juga segera menjaring pendaftaran calon ketua baru pengganti Hj Nurlatifah yang SK nya berakhir Mei mendatang.
Plt Ketua Kwarcab Karawang Suhada mengatakan, Muscab rencananya memang akan digelar 30 April ini. Jika tak ada aral melintang, agenda itu tidak masih bisa mundur bahkan dimajukan.
Sementara untuk kepanitiaan sendiri akan dirapatkan segera mulai Selasa (13/4) ini, sambil menunggu konsultasi dengan Kepala Majelis Pembina Cabang (Kamabincab). Pihaknya inginkan lokasi muscab bisa terselenggara di lokasi yang bernuansa kerakyatan dan mengedepankan kearifan lokal. Hanya memang rencana awal lokasi yang dipilih adalah di Hotel Kalihurip. "Insya Allah rencana kita 30 April Muscab digelar, tapi masih bisa jadi diundur atau dimajukan, karena kita mau konsultasi dulu dengan Kamabincab dan rapat kepanitiaan," tandas dia.
Disinggung kandidat yang bakal bersaing dalam Muscab menggantikan istri H Ade Swara, Suhada mengaku belum ada nama-nama tersebut karena menjelang hari H Muscab, pihaknya segera membuka penjaringan calon ketua Kwarcab Pramuka Karawang. Hak pilihnya hanya akan ditentukan satu Ketua Kwartir Rantin (Kwaran) satu suara, sehingga Kwaran bisa merekomendasikan nama-nama yang bisa diusung menjadi kandidat calon Ketua Kwarcab Pramuka Karawang.
Selain calon yang bisa diusung jika mampu mengantongi 25 persen dari total Kwaran di tiap Kecamatan, juga terus Suhada harus aktif sekurang-kurangnya 3 tahun di Pramuka. Meski demikian tambahnya, sejauh ini baik Pengurus Cabang maupun Kwaran, belum ada yang berminat nyalon ketua organisasi kepanduan ini karena memang yang dibutuhkan bagi organisasi pramuka ini adalah figur lintas sektoral.
Meski demikian, ia jamin tidak ada kekhawatiran soal intrik-intrik politik dan politisasi pramuka jelang digelarnya Muscab, karena semua aturan sudah rapih tertata sesuai AD/ART. "Ya siapa saja boleh daftar, mau ibu Cellica atau pak Jimmy atau juga kang Toto, boleh selama syarat tata tertib dan AD/ART nya sejalan dengan pramuka," ungkap dia.
Mantan Irban 1 Inspektorat Karawang ini menambahkan, banyak PR dan agenda Pramuka yang harus dibenahi di tahun-tahun mendatang paska Ketuanya Hj Nurlatifah non aktif karena sandungan kasus. Selain persiapan Jambore Nasional (Jamnas) pada 21 Agustus mendatang, maupun Lomba Tingkat 3 dan 4 kabupaten. Disamping memang punya PR mendidik generasi muda secara kontinyu agar menjadi Pramuka adalah solusi terbaik melatih keterampilan dan mental kemandirian yang baik, juga tambah Suhada, penerapan Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah yang menjadi Pilot Project semakin diintensifkan, karena menjadi ekstrakulikuler wajib. "PR Kita banyak untuk Pramuka kedepan, diharapkan program dan kualitas bisa meningkat hingga menjadikan pramuka adalah solusi," ungkap dia.
Sebelumnya, Ketua Kwaran Pramuka Kecamatan Lemahabang Asep Sudana mengungkapkan banyak rekan kwaran bahkan internal Pramuka yang menanyakan, kapan digelarnya muscab, karena menurut informasi muscab akan digelar di bulan April ini, namun belum menentukan tanggalnya. Terlepas kapapun digelar, yang jelas pemimpin baru Pramuka kedepan setidaknya tahu dunia kepramukaan. "Saya juga belum tahu kapan kepastian tanggalnya, banyak yang nanya sih," ujarnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template