Bungursari Jawara Olahraga Tradisional - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Bungursari Jawara Olahraga Tradisional

Bungursari Jawara Olahraga Tradisional

Written By Mang Raka on Senin, 18 April 2016 | 16.30.00

TEGALWARU, RAKA - Ratusan siswa SD saling berjibaku menjadi yang terbaik dalam lomba Olahraga Tradisional (Ostrad) yang digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Purwakarta di halaman kantor Desa Warungjeruk, Kecamatan Tegalwaru, Sabtu (16/4).
"Kegiatan lomba ini untuk melestarikan olahraga tradisonal Jawa Barat, karena ini merupakan aset budaya dan aset nasional," ujar Kepala Disdikpora Kabupaten Purwakarta H. Rasmita.
Ia melanjutkan, kegiatan itu untuk menjaring siswa berprestasi yang akan dipertandingkan di tingkat provinsi. Para siswa harus mengikuti tahapan seleksi di masing-masing cabang olahraga tradisonal, seperti galah, dagongan, egrang, taropah dan sumpit. "Nah kegiatan ini akan menghasilkan siswa terbaik, dan nantinya akan kita bina lagi untuk dipertandingkan di tingkat provinsi," ujarnya.
Sementara itu, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Tegalawaru Enda Sukmawijaya mengatakan, hampir seluruh sekolah perwakilan masing-masing di 17 kecamatan yang ada di Purwakarta, ikut berpartisipasi dalam ajang tahunan tersebut. "Alhamdulillah acara demi acara sudah terselesaikan dengan sukses. Untuk Tegalwaru sendiri ada dua kegiatan secara bersamaan, yang pertama di Warungjeruk yang kedua di SMP Tegalwaru," katanya.
Enda melajutkan, perlombaan tradisional diharapkan dapat sejajar dengan permainan zaman sekarang. Maka dari itu, Kabupaten Purwakarta akan terus menggali kembali olahraga tersebut, dengan mengimplemantasikan kepada para siswa tingkat sekolah dasar melalui perlombaan rutin tiap tahunnya. "Olahraga ini merupakan aset dan warisan yang harus dijaga. Jika tidak dipelihara, budaya kita pasti hilang dimakan zaman,'' ujarnya.
Dalam perlombaan itu, Kecamatan Campaka keluar sebagai pemenang dari Ostar dagongan, untuk sumpitan diraih oleh Kecamatan Sukatani, dan Kecamatan Bungursari mewakili dua cabang yaitu egrang serta tarumpah. (cr2)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template