BPR Saudara Kita Jemput Bola - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BPR Saudara Kita Jemput Bola

BPR Saudara Kita Jemput Bola

Written By Mang Raka on Senin, 18 April 2016 | 16.30.00

KARAWANG, RAKA - Tradisi menabung kian waktu jatuh ke lubang peminjaman modal dengan jaminan aset kekayaan berupa motor, perhiasan emas, sertifikat tanah sampai ke akta rumah jadi sasaran. Terlebih jika kredit macet, tidak kenal siapa, kerap busur tajam tentang penyitaan aset nasabah buat bangkrut seketika.
Banyak diantaranya menabung sejak awal usaha atau bekerja untuk menunjang kebutuhannya. Sehingga pemikiran berupa uang pinjaman dapat dihindari dan bisa diminimalisir resikonya. Modal pun diambil dari aset pribadi agar tidak ada jaminan khusus lain yang nantinya akan melilit si pihak peminjam. Namun, pengelolaan cara menabung tentunya harus dipertimbangkan mulai dari tempat menabung, jumlah uang yang ditabungkan tiap harinya, dan keuntungan lain seperti perencanaan meningkatkan omzet usaha sebagai hasil menabung. "Menabung itu harus dibiasakan, terlebih muda mudi," kata nasabah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Saudara Kita Cabang Telagasari, Yakub kepada Radar Karawang, Sabtu (16/4).
Ia melanjutkan, berapapun nominal yang ditabungkan dan sifatnya yang terus menerus, akan mendisiplinkan dalam mengatur keuangan. Hal serupa dikatakan pula oleh Komisaris BPR Saudara Group, Muharidjo pasca peresmian dan pembukaan BPR cabang Telagasari. BPR mempunyai sistem menabung dengan menjemput nasabah tiap harinya ke rumah, sampai ke tempat kerja dengan pembukaan tabungan Rp 20 ribu, dan seterusnya minimal Rp 10 ribu. "Keunggulan kami adalah sistem jemput bola," kata Muharidjo.
Selain itu, sistem pemodalan minimal Rp 5 juta sampai sepuluh kali lipatnya juga diberlakukan oleh BPR, dengan persyaratan tertentu berupa identitas diri, jenis usaha, lampiran surat izin tempat usaha serta lainnya. Menurutnya tahun 2015 pada hari-hari besar seperti hari kemerdekaan Indonesia, ia mengadakan Program Kredit Tanpa Biaya yaitu adalah program peminjaman modal tanpa biaya administrasi ataupun komisi. Adapun program lainnya adalah deposito, nasabah bisa mendaftarkan diri sebagai pemegang deposit dengan minimal jumlahnya Rp 10 juta. "Program deposito jumlah minimalnya 10 juta melalui pendaftaran," katanya.
Tercatat 70 puluh sampai 100 orang sebagai nasabahnya di Cabang BPR Saudara Kita Cabang Telagasari saat ini, dan terakumulasi 2 ribu nasabah dan untuk membantu perekonomian masyarakat di Kabupaten Karawang. BPR membuka cabang yang diantaranya wilayah Cikampek dibuka tahun 2002, Telukjambe dan Tuparev tahun 2014 dan sekarang di Telagasari dan terpusat di BPR Jalan Tuparev. "Diharapkan tradisi menabung kian meningkat kembali di masyarakat," pungkasnya. (cr3)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template