BPN Didesak Terbitkan Sertifikat di Kuta Tandingan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BPN Didesak Terbitkan Sertifikat di Kuta Tandingan

BPN Didesak Terbitkan Sertifikat di Kuta Tandingan

Written By Mang Raka on Selasa, 19 April 2016 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Para petani yang terdabung dalam Serikat Tani Telukjambe Bersatu (STTB) mendesak Badan Pertanahan Nasional (BPN) Karawang menerbitkan sertifikat tanah di Kuta Tandingan. Desakan itu disampaikan para petani saat menggelar aksi di depan Kantor BPN Karawang, Senin (18/4).

"Selama ini tidak ada yang perhatian terhadap warga Kuta Tandingan. Hampir 20 tahunan," kata Koordinator Aksi, Endar Hidayat. Pihaknya, kata dia, sudah berupaya mengajukan permohonan sertifikat kepada BPN. Hanya saja, sampai saat ini belum membuahkan hasil. Sehingga, statusnya masih hak garap.
Endar memaparkan, tanah Kuta Tandingan merupakan  eks Freeponding Tegalwaru Landen yang kemudian dikembalikan kepada negara. Akan tetapi, kemudian tanah tersebut dikuasai Perum Perhutani. "Perhutani melakukan penanaman paksa di lahan tersebut. Dalam perjanjian 75 persen hasil panen untuk petani (warga), sedangkan sisanya untuk Perum Perhutani," katanya.
Hanya saja, kata dia, Perhutani mengingkari perjanjian tersebut. Sebab yang diberikan kepada warga 25 persen. Sementara yan 75 persen untuk perhutani. "Akan tetapi juga tidak sedikit pun merasakan semua itu," timpalnya.
Pihaknya berharap BPN segera menanggapi tuntutan mereka. Bahkan, pihaknya mengaku akan tetap bertahan melakukan aksi di Kantor BPN jika tak kunjung ada kabar baik mengenai tuntutan mereka. Selain itu, STTB juga menolak pengukuran yang tidak legal dari pihak-pihak tertentu. "Pengungkuran harus didampingi oleh pihak BPN," ujarnya.
Sementara, Kepala BPN Karawang, Andi Bakhti ketika dikofirmasi via telepon mengaku belum bisa memberikan keterangan terkait tuntutan para petani yang tergabung dalam STTB itu karena masalah kesehatan. "Besok lah saya berikan penjelasan terkait tuntutan itu. Sekarang saya kurang sehat," kata Andi.(ops)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template