BNN Cari Narkoba ke Kampus - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BNN Cari Narkoba ke Kampus

BNN Cari Narkoba ke Kampus

Written By Mang Raka on Sabtu, 16 April 2016 | 14.00.00

KARAWANG, RAKA - Setelah mengobok-obok kantor polisi kini Badan Narkotika Nasional (BNN) Karawang kembali mempersiapkan kuota tes urine. Rencananya, badan ini akan masuk ke sekolah dan kampus untuk mencari pelajar dan mahasiswa yang terlibat narkoba.

"Badan Narkotika Nasional akan mempersiapkan 2000 kuota untuk melakukan tes urine ke seluruh sekolah (SMA/SMK) dan kampus di Karawang. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu antisipasi penyalahgunaan narkoba di tingkat Pelajar dan Mahasiswa. “Penyalahgunaan narkoba di tingkatan pelajar sampai tahun ini masih terbilang tinggi. Berdasarkan data rehabilitasi yang dilakukan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Karawang tahun lalu, sebanyak 600 pecandu narkoba yang mendapatkan rehabilitasi,
300 orang merupakan pelajar dan mahasiswa,” ungkap Kasie P2K BNNK, Puspita Wulansari saat diwawancarai dalam kegiatan rapat kerja bersama Kepala Sekolah dan Kesiswaan.
Puspita mengatakan, 300 pelajar dan mahasiswa yang menjalani program rehabilitasi tahun lalu, masih termasuk kategori pecandu ringan. Sementara 300 sisanya berasal dari masyarakat umum yang sudah masuk kategori pecandu berat. Ia menyatakan program rehabilitasi untuk tahun akan kembali dilakukan. Namun berbeda dari tahun sebelumnya, jumlah calon pasien tidak sebanyak seperti tahun sebelumnya. Tahun ini, kata Puspita, hanya ada 25 orang yang akan mendapatkan rehabilitasi. “Sudah ada dua orang tahun ini yang kami rehabilitasi. Keduanya adalah pelajar,” katanya.
Ia menjelaskan, kegiatan program raker kepsek dan guru kesiswaan yang melibatkan 15 SMA-SMK se Karawang ini diadakan guna memberikan arahan pihak sekolah agar informasi yang disampaikan dalam raker tersebut bisa disosialisaikan kepada orang tua murid, sehingga timbul kepedulian dari pihak sekolah dan keluarga akan bahaya narkoba. "Karena ini merupakan permasalahan yang perlu diantisipasi bersama, maka harus ada komunikasi antara pihak sekolah dan orang tua. Jangan sampai kepedulian itu bertepuk sebelah tangan. Sekolah sudah peduli tapi orang tua malah tidak," jelasnya.
Pihak BNNK, sambungnya, tidak menutup kemungkinan akan melakukan test urine ke seluruh SMA-SMK Karawang dalam waktu dekat. Agar tidak mengundang pro dan kontra, tegasnya, pemberlakuan test urine di kalangan pelajar tidak melanggar hukum. Pasalnya beberapa kali BNNK berhasil melakukan tes urine ke beberapa sekolah meski diakuinya masih memliki keterbatasan peralatan. "Pemkab sudah menganggarkan untuk 2000 kuota test urine tahun ini. Bisa jadi kami akan lakukan test ke seluruh SMA-SMK se karawang," tutupnya.(ops)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template