Belajar Fisika Itu Mengasyikan Loh - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Belajar Fisika Itu Mengasyikan Loh

Belajar Fisika Itu Mengasyikan Loh

Written By Mang Raka on Senin, 25 April 2016 | 14.00.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA- Mempelajari ilmu fisika sama rumitnya dengan Matematika yang dianggap sulit difahami. Namun, penguasaan eksak fisika bisa menunjang pemahman yang mudah pada mata pelajaran Matematika. Dengan kata lain, orang yang paham matematika belum tentu paham fisika, tetapi bagi yang paham fisika dipastikan juga mengerti matematika.
Itu dikatakan Guru Fisika SMAN 1 Lemahabang Abdul Rojak S.pd disela-sela kesibukannya. Alumni UPI Bandung ini menuturkan, minat siswa terhadap mata pelajaran fisika diakuinya masih susah, sehingga demi memahamkan dan sekurang-kurangnya menyedot kemauan mempelajari fisika, dirinya harus ekstra memberikan motivasi belajar dan sesuai keinginan siswa. Disamping alat-alat penunjang seperti laboratorium dan lainnya sudah lengkap, tetap saja semua bergantung pada suasana siswa.
Karenanya, beragam metode hasil-hasil seminar dan teori agar mencintai fisika dilakukannya demi pemahaman yang bisa benar-benar terserap dalam pikiran peserta didik. Terlebih, terus pria kelahiran Desa Ciwulan ini, mata pelajaran fisika ini dianggap menjadi momok kedua setelah matematika dalam Ujian Nasional (UN). "Fisika ini kan masuk pelajaran yang di UN kan. Jika memberikan faham susah, maka sekurang-kurangnya anak bisa menyerap dan ada kemauan," ujarnya.
Lebih jauh ia menambahkan, belajar fisika jika didahuli rasa takut justru akan menjadikan acuh terhadap pemahaman. Benar apa yang diungkapkan Dekan saat dirinya menempuh bangku kuliah, mempelajari fisika itu bisa disebut masuk lubang setan. Jika takut menyelami maka kapanpun tidak akan pernah sampai. Tetapi jika sudah masuk, sulit untuk keluar kembali. Meski demikian, dewasa ini, siswanya sudah 50 persen menyukai fisika. Namun diakuinya, masih belum menghantarkan ke ajang prestasi perlombaan atau olimpiade fisika. Ini beda dengan Biologi yang sudah menyabet piala gelar juara tingkat Kabupaten. Untuk itu tambah Rojak, ia harapkan, pola pikir para siswa di desa-desa kedepan semakin cepat berkembang dan maju menyalip para siswa kota yang selangkah lebih kompetitif. "Alhamdulillah sih sudah 50 persen sukai fisika di SMA Lemahabang mah, walau masih belum meraih gelar juara," pungkas dia. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template