Baznas Cari Ketua Baru - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Baznas Cari Ketua Baru

Baznas Cari Ketua Baru

Written By Mang Raka on Selasa, 19 April 2016 | 16.00.00

- Pendaftaran Dibuka Hingga 21 April

PURWAKARTA,RAKA - Tim Seleksi Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Purwakarta Secara umum membuka pendaftaran calon pimpinan hingga 21 April 2016 mendatang.
"Tim seleksi sudah membuka pendaftaran sejak 13 April 2016 lalu, sudah ada beberapa yang mengambil formulir. Pendaftaran akan ditutup pada 21 April 2016 mendatang," kata Sekretaris Baznas Purwakarta, Yusep Solehudien kepada Radar Karawang, Senin (18/4).
Menurutnya, selaras dengan UU Nomor 23 Tahun 2011, PP Nomor 14 Tahun 2014 dan Peraturan Baznas Nomor 1 Tahun 2014, setidaknya ada dua hal yang mendasar dalam badan tersebut. "Pertama perubahan struktur organisasi dan pada aspek transparansi dan akuntabilitas lembaga pengelola zakat,"ujarnya.
Nantinya, tambah Yusep, para calon pimpinan Baznas mengikuti seleksi administrasi, tes tertulis, tes wawancara dan presentasi makalah. "Dari pendaftar yang masuk, tim seleksi memilh 10 calon pimpinan, nantinya ditetapkan 5 orang pimpinan oleh eksekutif, dalam hal ini Bupati Purwakarta, kemudian berkasnya dikirimkan ke Baznas pusat," beber Yusep.
Selain persyaratan administrasi, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh para calon pimpinan Baznas dan hal itu diatur oleh undang-undang. "Diantaranya, beragama Islam dan usia minimal 40 tahun, dan berdomisili di Kabupaten Purwakarta," ujarnya.
Lebih lanjut, Yusep mengatakan, dalam struktur kepengurusan Baznas setidaknya harus ada tiga kompenen masyarakat. Diantaranya ada unsur ulama, tokoh Islam (individual atau rekomendasi dari ormas Islam) dan dari unsur profesional (rekomendasi dari perguruan tinggi atau pesantren). "Kita akan jaring sebanyak mungkin, karena lebih banyak itu lebih baik, subtansinya kita mencari pemimpin yang bisa menggali potensi zakat yang masih belum maksimal, Baznas butuh orang-orang yang penuh inovasi, nanti kita juga akan rekuitman staf-staf untuk pelaksana," tutupnya. (cr2)

Tahapan pemilihan Ketua Baznas
Tahap 1
- Seleksi administrasi
- Tes tertulis
- Tes wawancara
- Presentasi makalah
Tahap 2
- Tim seleksi menentukan 10 calon
- Dari 10 ditetapkan 5 calon oleh Bupati Purwakarta
- Kemudian dikirim ke Baznas Pusat

Persyaratan administrasi
- Beragama Islam
- Usia minimal 40 tahun
- Bedomisili di Purwakarta

Tiga unsur kepengurusan Baznas
- Ulama
- Tokoh Islam
- Profesional
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template