Awasi Penggunaan Gadget Anak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Awasi Penggunaan Gadget Anak

Awasi Penggunaan Gadget Anak

Written By Mang Raka on Sabtu, 09 April 2016 | 14.30.00

JATISARI, RAKA- Pemuka agama Kecamatan Jatisari merasa riskan dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Terlebih maraknya handphone (HP) yang mempunyai fitur lengkap. Sehingga sangat mudah disalah gunakan oleh anak muda.
"Dengan mudahnya sekarang para remaja Islam memiliki perangkat lunak seperti HP dan gadget yang cagih. Yang di dalamnya banyak aplikasi yang mudah diakses. Termasuknya aplikasi gambar-gambar atau foto yang mengundang syahwat para remaja," ujar pemuka agama Kecamatan Jatisari, Ustad Rohana (45), Kamis (7/4).
Dia menyampaikan, perkembangan arus informasi memang sulit untuk dibendung. Apalagi perangkat lunak seperti handphone dan gadget canggih yang menawarkan berbagai fitur lengkap. Sehinga para remaja Islam sangat mudah mengakses informasi yang dibutuhkan. "Ujung-ujungnya disalah gunakan. Dan bisa merusak mental generasi muda. Karenanya harus dilakukan pengawasan oleh orangtua," ujarnya.
Dia menyampaikan, untuk memproteksi para remaja agar tidak membuka akses aplikasi yang berbau fornografi. Peranan keluarga, terutama orangtua sangat dibutuhkan sekali. Pendidikan keagamaan dilingkungan keluarga harus dijadikan nomor satu. "Dengan memberikan materi pendidikan keagamaan seperti pengajian untuk para remaja. Terutama di lingkungan keluarga. Pihak orangtua lah yang harus dominan memberikan pendidikan tersebut kepada anak-aaak yang beranjak dewasa," ujarnya.
Selain peranan keluarga untuk merubah pola pikir remaja agar dapat memfilter arus informasi melalui HP. Sebaiknya orangtua mendorong anak-anaknya agar aktif di lingkungan masjid. Kini jarang sekali remaja aktif sebagai remaja masjid, padahal aktivitas remaja masjid itu sangat penting sekali bagi kelangsungan pergaulan di zaman modern ini. "Remaja masjid di setiap desa di Kecamatan Jatisari harus digiatkan lagi. Supaya kegiatan para remaja bukan hanya nongkrong dipinggir jalan raya atau di mall. Sehingga pergaulan bebas sulit untuk dihindari dari pergaulan remaja dengan adanya sistem informasi canggih yang telah beredar di tengah masyarakat," pungkasnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template