Awasi Jajanan Anak di Sekolah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Awasi Jajanan Anak di Sekolah

Awasi Jajanan Anak di Sekolah

Written By Mang Raka on Selasa, 19 April 2016 | 14.00.00

- Banyusari Bentuk Tim Pengawas UKS

BANYUSARI, RAKA- Tim Pengawas Usaha Kesehatan Sekolah (TP UKS) tingkat kecamatan akan dibentuk. Hal ini dilakukan dalam rangka  melakukan pengawasan terhadap jajanan yang dikonsumsi anak di lingkungan atau diluar sekolah.
"Akan dibentuk tim pengawas UKS di tingkat kecamatan. Tentu untuk meningkatkan pengawasan terhadap jajanan anak, karena dikhawatirkan bahan-bahan berbahaya yang mengandung zat kimia bisa mengancam kesehatan anak," ujar Kepala UPTD Puskesmas Cicinde H Bayo.
TP UKS dalam menjalankan tugasnya  harus menjalankan tugasnya secara optimal. Dalam pelaksanaannya harus melakukan penjaringan di semua sekolah, termasuk harus melakukan penyuluhan kesehatan di lingkungan sekolah, termasuk dengan surat edaran. "Jika TP UKS tingkat Kecamatan sudah terbentuk, harus menyiapkan model sekolah sehat termasuk sarana dan prasarananya, kita harus mencatat lalu melaporkan tepat waktu, dan langkah selanjutnya adalah melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala," ujarnya.
Sementara Kepala UPTD Puskesmas Gempol, H Luki Muflih, menyampaikan, selama ini para pembuat jajanan anak, mayoritas mengabaikan kesehatan bagi pengkonsumsi, karenanya sering ditemukan menggunakan campuran pengawet, pewarna kain dan lain sebagainya. "Memang perlu dilakukan pengawasan yang lebih serius, jangan sampai anak indonesia ini diracuni sejak usia dini oleh oknum pedagang yang kurang bertanggung jawab," ujarnya. (zie)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template