Asyik Magang ke Luar Negeri - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Asyik Magang ke Luar Negeri

Asyik Magang ke Luar Negeri

Written By Mang Raka on Rabu, 20 April 2016 | 15.30.00

- SMKN 1 Karawang Kirim Alumni ke Cina dan Jepang

KARAWANG,RAKA - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Karawang, terus mengembangkan potensi yang dimiliki siswa-siswinya, dengan menjalin kerja sama industri dan pendidikan hingga ke luar negeri. Hal itu dibuktikan dengan kerja sama program pemagangan kerja dan perkuliahan ke Jepang dan Cina.
"Ada dua program unggulan yang kita jalankan, yaitu program kerja sama ke Jepang dan ke Cina. Hal itu menjadi keunggulan tersendiri yang dimiliki oleh kami," ujar Kepala SMKN 1 Karawang, Agus Rukmawan kepada Radar Karawang kemarin.
Agus menjelaskan, program pemagangan dan beasiswa pendidikan ke Jepang dimotori oleh sebuah yayasan asal Jepang yang juga menjadi fasilitator penempatan kerja di negeri Sakura -julukan Jepang- tersebut. "Yang memotorinya itu sebuah yayasan asal Jepang. Mereka melakukan pelatihan-pelatihan dulu selama 3 bulan sebelum diberangkatkan, para lulusan-lulusan kami dibekali pendidikan bahasa dulu, bisa di Jakarta bisa di Jogja," ujarnya.
Agus mengatakan, pemagangan ke Jepang itu memang diperuntukan khusus bagi alumni. Program kerja sama ke Jepang yang semua hanya untuk pemagangan kerja, kini telah ditingkatkan untuk program beasiswa perkuliahan. "Mereka disebar di beberapa kawasan, ada yang di Tokyo, Nakayama, Fuji Highland, dan yang lainnya. Di Jepang hampir ada lulusan kami di semua perusahaan, meskipun jumlahnya 1 atau 2 orang saja. Ke Jepang itu ada 2 program, pertama pemagangan, kedua itu kuliah. Tapi untuk yang kuliah baru tahun ini, jumlahnya 3 orang. Mereka akan kuliah di Okayama Institute of Language. Tanggal 12 Mei nanti, mereka akan ada sosialisasi ke kita," tuturnya.
Sementara itu, Koordinator BP/BK SMKN 1 Karawang, Endang Dwi Winarti menambahkan, selain program ke Jepang pihaknya juga tengah menjalin kerjasama dengan PT SGMW Motor Indonesia dan Liuzhou City Vocational College (LCVC), untuk pengiriman lulusan ke Cina. "Untuk ke Cina, tahun kemarin ada 13 orang. Sekarang masih tunggu hasil tes untuk lulusan tahun ini.  Tahun ini 120-an siswa kelas XII yang daftar, tapi yang lulus seleksi nilai hanya 86 siswa. Kemudian mereka ikut seleksi wawancara, jadi tinggal 53 siswa yang lolos. Kemarin sudah tes tulis lagi, sekarang belum tahu sisa berapa yang akan berangkat ke Cina," kata Endang.
Ia menjelaskan, mereka yang diberangkatkan ke Cina nantinya akan menempuh pendidikan selama 3 tahun di LCVC. Sehingga diharapkan, setelah kembali ke Indonesia mereka akan menjadi leader di PT SGMW yang berada di Delta Mas, Cikarang. "Untuk program beasiswanya, ada yang ditanggung secara penuh oleh PT SGMW, ada yang dibayar nanti setelah mereka bekerja. Jadi selama 3 tahun mereka tetap didanai oleh PT SGMW, karena mereka saat pulang itu mungkin selevel supervisor, sebab sudah D-III ijazahnya," ujar Endang.(ega)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template