APBDes Wancimekar Rp1,5 Miliar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » APBDes Wancimekar Rp1,5 Miliar

APBDes Wancimekar Rp1,5 Miliar

Written By Mang Raka on Jumat, 22 April 2016 | 15.30.00

- Infrastruktur Tetap Jadi Fokus Pembangunan

KOTABARU, RAKA- Nampaknya sangat jarang di Kabupaten Karawang dalam menetapkan angaran pemerintahan desa dilakukan secara transparan. Bahkan mayoritas desa cenderung ditutup-tutupi. Berbeda dengan Desa Wancimekar, pemerintahan desa menetapkan anggaran pendapatan belanja desa (APBDes) dengan melibatkan semua lembaga desa dan tokoh masyarakat.
"Rapat penetapan APBDes ini dalam rangka menunjukan keterbukaan anggaran yang ada. Jadi intinya transparansi anggaran," jelas Kepala Desa Wancimekar, Alih Miharja, kepada Radar Karawang, Kamis (21/4).
Transparansi anggaran penting dilakukan, agar tidak adanya kecurigaan dalam pembangunan. Sehingga yang menjadi pengawas dalam realisasi angaran bukan hanya Badan Permusyawaratan Desa (BPD) saja, melainkan semua masyarakat bisa ikut melakukan pengontrolan. "Mari sama-sama membangun desa. Masyarakat bisa ikut serta mengawasi anggaran desa," pintanya.
Dia menyampaikan, untuk sektor fisik, terutama jalan-jalan utama sudah 90 persen tutas. Hanya tinggal jalan ke Sarengseng, Pangulah Baru saja. Meski demikian, di tahun ini masih tetap fokus pada pembangunan fisik agar benar-benar bisa tuntas. "Jalan-jalan lingkungan. Jalan poros desa. Itu fokus kami di tahun ini. Kalau untuk jalan ke Sarengseng, Pangulah Baru, kami targetkan 2 tahun kedepan bisa tuntas," jelasnya.
Menurutnya, setelah infrastruktur jalan tuntas, maka akan mulai mengarah kepada pemberdayaan warga kurang mampu, seperti pembangunan rumah, bantuan biaya pendidikan, bantuan permodalan usaha dan lain sebagainya. Yang jelas, program desa akan terus berkesinambungan agar adanya pemerataan pembangunan, baik dari segi fisik, maupun sumber daya manusia, apakah itu dibidang pendidikan, kesehatan ataupun ekonomi. "Target jangka panjangnya, tidak ada kesenjangan sosial yang terlalu jauh. Sehingga Wancimekar bisa menjadi desa yang maju dan patut ditiru oleh desa lain," ujarnya.
Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Wancimekar, Taryadi, menyampaikan, dalam penetapan APBDes 2016 ini, diklasifikasikan beberapa bagian, adapun secara keseluruhan anggaran yang dialokasikan mencapai Rp1,5 miliar. "Di tahun 2016 besar anggarannya telah ditetapkan Rp 1.585.961.000. Sumbernya dari ADD, dana desa, bangub, PADes, dan pendapatan lain-lain," jelasnya.
Adapun pos anggarannya diklasifikasikan kedalam 3 bagian, pertama untuk kegiatan pembangunan fisik sebesar Rp830.855.700, kedua untuk pemberdayaan dan pembinaan kemasyarakatan sebesar Rp83.689.000, adapun sisanya untuk belanja pegawai. "Dengan adanya penetapan anggaran secara terbuka ini. Maka kami harap masyarakat bisa ikut serta membantu tugas kami sebagai BPD untuk melakukan pengawasan," ujarnya.(zie)

Sumber pendapatan
- ADD
- Dana desa
- Bantuan gubernur
- PADes
- Lain-lain

Alokasi
- Fisik Rp 830.855.700
- Pemberdayaan dan pembinaan masyarakat Rp 83.689.000
- Belanja pegawai Rp 671.416.300
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template