Antisipasi Kenakalan Pelajar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Antisipasi Kenakalan Pelajar

Antisipasi Kenakalan Pelajar

Written By Mang Raka on Kamis, 28 April 2016 | 12.30.00

ANTISIPASI kegiatan yang kurang baik di lingkungan pelajar sepertinya penting jika pemerintah memberlakukan jam belajar saat waktu kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Saat ini tingkat kenakalan remaja cukup memperihatinkan, terutama di level pelajar sekolah karena di usia produktif mereka perlu adanya inisiasi yang positif agar tidak mudah terprovokasi oleh hal-hal yang tidak baik. Sementara, skema atau wacana serta konsep yang aktual agar adanya tindakan reprensif juga perlu, agar para pelajar lebih berfikir keras jika mereka melakukan kesalahan yang justru dianggap biasa namun itu adalah suatu gejala yang akan membuat mereka terpuruk.
Tindakan yang nyata dan perlu adanya dampingan dari pemerintah yang terkait cukup sederhana, berlakukan jam belajar dari jam 7.00 WIB hingga jam 01.00 WIB. Adapun tehnis pelaksanaannya libatkan Masyarakat yang berkompeten, Dinas Pendidikan, Muspika serta aparatur penegak hukum, agar program itu sinergis.
Sementara saat ini implementasi anggaran bisa diadakan rapat dengar pendapat antara pemerintah Daerah dan Pemerintah terkecil sekali pun seperti di elemen desa,agar mereka pun bisa serta merta mewujudkan para pelajar yang berkualitas dan mampu meningkan rasa disiplin yang tinggi serta bermartabat. Seperti yang di utarakan oleh,Salah satu Tokoh masyarakat Desa Kuta Langgeng, Uday Suyana.S.Pem. menuturkan, tingkat kerawanan disiplin saat ini memang dari usia produktif di level SLTA, dan perlu kiranya, Pemerintah duduk bersama agar ada solusi pencegahan sejak dini agar ada upaya meminimalisasi persoalan aspek sosial.
"Saya yakin,  permasalahan sosial yang dinamis jika ada pencegahan yang nyata dari semua stag holder, akan berimbas kepada mutu manusia ke depannya. Coba kita ibaratkan tanaman jika kita memupuknya dengan baik, pohon tersebut akan membuahkan hasil yang baik pula, seperti itulah implementasi aktualnya terhadap manusia," tandasnya.
Hal yang sama pun di katakan, Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Tegalwaru, H.Asep suprayogi.Spd.MM. Dirinya menyambut baik sekali dengan konsep tersebut, akan tetapi dirinya pun perlu membahasnya di dinas agar mwngetahui secara jelas konsep yang di muat dan aturan mainnya seperti apa. "Saya menyambut baik tentang usulan tersebut akan tetapi saya perlu koordinasi dengan dinas agar di ketahui dengan jelas,pencegahan akan lebih efektif jika di sambut baik oleh semua pengambil kebijakan,dan sinergisnya akan berdampak," ujarnya.
Sementara di tempat terpisah, Sekertaris kecamatan Tegalwaru, Udin Samsudin.SH, pun menyatakan, Muspika akan siap membantu mewujudkan akan tetapi di harapkan semua bisa terlibat di dalamnya dan perlu adanya persentasi yang jelas agar ada parameternya serta di restui oleh Muspida. "Secara Pribadi saya setuju sekali dengan konsep yang di utarakan, namun akan lebih elegan jika semua elemen membantu dengan menggagasnya bersama-sama agar Muspida pun merestui kegiatan yang positif tersebut," tutupnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template