Anggota Pramuka Harus Siap Hadapi MEA - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Anggota Pramuka Harus Siap Hadapi MEA

Anggota Pramuka Harus Siap Hadapi MEA

Written By Mang Raka on Rabu, 20 April 2016 | 12.00.00

KARAWANG,RAKA - Gerakan pramuka merupakan salah satu organisasi yang berperan aktif dalam menyelenggarakan pendidikan kepanduan. Maka dalam konteks memandu, gerakan pramuka adalah salah satu wadah untuk membina, mendidik dan mengembangkan kreatifitas dan aktifitas generasi penerus bangsa yang berjiwa pancasila. Demi terbentuknya generasi bangsa yang berkarakter dan berjiwa kepemimpinan serta tangkas dalam menjalani kerasnya kehidupan.
Untuk mewujudkan tujuan gerakan pramuka, Racana Raden Kian Santang–Nyi Rara Santang Gugus Depan 15.03.0001 - 15.03.0002 yang berpangkalan di Universitas Singaperbangsa Karawang, mengadakan serangkaian kegiatan yang sejalan dengan pola mekanisme dan pembinaan gerakan pramuka. Dimana dalam acara ini,  Racana Raden Kian Santang–Nyi Rara Santang Unsika berusaha mengembangkan potensi yang dimiliki setiap pribadi generasi bangsa dari berbagai aspek. "Potensi tersebut perlu dikembangkan mengingat semakin banyak persaingan, ditambah lagi dengan hadirnya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) yang semakin mendorong perlunya pengembangan kualitas diri setiap individu dalam menghadapi persaingan bebas, tidak hanya dalam negeri melainkan persaingan antar negara se-Asia Tenggara atau bahkan dunia luas sebagai konsekuensi dari era globalisasi seperti yang telah kita alami saat ini," kata ketua pelaksana kegiatan, Siti Maemunah Rohmah.
Diteruskannya, kegiatan yang dilaksanakan, meliputi tiga giat, yaitu giat pendidikan, giat bakti dan giat prestasi. " Dari kegiatan ini, diharapkan terbentuk pengembangan potensi pramuka secara komprehensif. Oleh karena itu dalam agenda yang juga sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun ke-3 ini, kami melaksanakan kegiatan yang meliputi 3 giat yang mengakomodir berbagai aspek pengembangan bagi anggota pramuka," paparnya.
Ketua Racana Putera Sofyan Iskandar mengatakan, dengan adanya kegiatan ini, diharapakan pramuka mampu berperan dan banyak peluang-peluang yang bisa dijadikan bekal dalam mempersiapkan keikutsertaan dalam pembangunan masyarakat. "Terlebih saat ini kita sedang menghadapi era MEA, makakegiatan pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan spiritual dan intelektual, keterampilan, dan ketahanan diri yang dilaksanakan melalui metode belajar interaktif dan progresif sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 pasal 11," pungkasnya. (asy)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template