ADD Naik jadi Rp 161 Miliar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » ADD Naik jadi Rp 161 Miliar

ADD Naik jadi Rp 161 Miliar

Written By Mang Raka on Kamis, 14 April 2016 | 16.55.00

-Desa Duren Tertinggi Rp 1,1 Miliar

CILAMAYA WETAN, RAKA - Sejak Senin (11/4) kemarin, Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2016 senilai Rp 161 miliar yang dibagikan dalam dua tahap sudah mulai bisa dicairkan. Namun, beberapa desa termasuk di Kecamatan Cilamaya Wetan belum menyelesaikan surat pertanggungjawaban (SPJ) ADD tahap 2 tahun sebelumnya, termasuk ajuan ADD tahun 2016 ini.
Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Cilamaya Wetan H Udin Abdul Gani mengungkapkan, pihaknya mendapat peringatan dari camat agar semua kades segera merampungkan SPJ ADD tahap 2 tahun 2015, dan ajuan ADD tahap 1 tahun ini. Ultimatum camat itu agar secepatnya diselesaikan dan masuk meja Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Karawang.
Peringatan ini diakui Udin, harus diindahkan semua kades, karena ini menyangkut reputasi kecamatan agar tidak dikatakan lamban dan tidak mampu bekerja. SPJ ADD tahap 2 tahun 2015 yang belum diselesaikan sebut Udin, antara lain Desa Rawagempol Kulon, Sukatani, Tegalsari dan Muara baru. "Kita diminta camat agar segera selesaikan minggu ini," pinta dia.
Sementara itu, Kabid Pemerintahan Desa BPMPD Karawang Budiman Ahmad mengungkapkan ADD sudah bisa dicairkan saat ini. Syaratnya desa menyelesaikan SPJ tahun sebelumnya dan ajuan ADD tahun ini. "Jika lambat membuat SPJ tahun kemarin, berarti kades sudah menahan honor para perangkat desanya," tuturnya.
ADD tahun ini terus Budiman, nominalnya bertambah Rp 7 miliar menjadi Rp 161 miliar. Sesuai ketentuan wilayah, letak geografis dan angka kemiskinan, nominal satu desa dengan desa lainnya berbeda-beda. Ia merinci, per desa dalam 2 tahap tahun ini yang terkecil Rp 450 juta dan yang tertinggi Rp 1,12 miliar. Khusus yang tertinggi itu adalah ADD Duren Kecamatan Klari, karena luas wilayah dan padat penduduknya lebih besar dari desa lainnya. "Besaran ADD itu tergantung Dana Alokasi Umum, yang jelas desa sudah bisa proses pencairan saat ini, dan pemkab sudah sediakan Rp 161 miliar tahun ini," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template