Ada Isu Pasar Jumaah akan Dibakar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ada Isu Pasar Jumaah akan Dibakar

Ada Isu Pasar Jumaah akan Dibakar

Written By Mang Raka on Selasa, 12 April 2016 | 16.00.00

Pedagang Ronda Malam

PURWAKARTA, RAKA - Diam-diam warga Pasar Jumaah di Jalan Jenderal Sudirman menggelar ronda malam di sekitar kawasan pasar. Mereka secara bergiliran melakukan hal itu untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Ini menyusul dengan adanya rencana pembongkaran Pasar Jumaah oleh Pemkab Purwakarta yang akan diganti dengan mal dan hotel megah di daerah tersebut.
"Sekarang setiap malam kami bergiliran melakukan ronda malam di blok pasar. Takutnya ada yang membakar pasar untuk memudahkan rencana pembangunan mal," kata seorang pedagang yang menolak namanya disebutkan, kemarin.
Dia mengatakan, belum ada surat edaran resmi dari Pemkab Purwakarta terkait rencana pembangunan mal dan hotel di pasar tersebut. Meski belum ada surat pemberitahuan, para pedagang sudah mengetahui rencana pemerintah melalui media massa.  "Apapun dalihnya, kami tetap menolak rencana itu. Bila perlu kami Iwapa Pasar Jumaah akan mendatangi kantor Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, untuk tegas menolak pembangunan mal ini," kata dia.
400 pedagang yang ada di pasar tersebut, akan tetap mempertahankan tempat mereka berdagang. Dan jika memang benar-benar pemda tetap memaksa rencana tersebut,  pihaknya akan tetap mempertahankan pasar. "Kami siap membela hidup kami. Malam ini kami akan berkumpul bersama untuk menghimpun kekuatan dan melakukan pembahasan lebih lanjut," tambahnya.
Dia memaparkan, dasar penolakan pembangunan pasar, para pedagang saat ini masih mengantongi dokumen hak guna pakai. Lama waktunya sampai 2017 hingga 2018.
"Intinya kami tidak mau dipindahkan dari Pasar Jumaah. Di sini ladang penghidupan kami satu-satunya sejak puluhan tahun yang lalu," singkat dia.
Sementara Ketua Ikatan Warga Pasar (IWAPA) Jumaah Iwan Sopwan Arif membenarkan hal tersebut. Saat ini kata dia, warga Pasar Jumaah sudah membuat jadwal dan melaksanakan ronda malam yang dilaksanakan di sekitar Pasar Jumaah. "Betul, kontrol tiap malam. Jadwal saya malam Sabtu," kata Iwan.
Dia menjelaskan, internal Iwapa Pasar Jumaah telah melangsungkan rapat akbar yang melibatkan seluruh warga pasar. Dari hasil rapat tersebut, semua sepakat untuk menolak alih fungsi Pasar Jumaah yang rencananya akan dijadikan mal dan hotel mewah. "Setelah menggelar rapat akbar, kami menyatakan sikap menolak rencana alih fungsi Pasar Jumaah," tegas dia. (awk)

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template