39 Kepsek di Batujaya Belajar BOS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 39 Kepsek di Batujaya Belajar BOS

39 Kepsek di Batujaya Belajar BOS

Written By ayah satria on Kamis, 21 April 2016 | 16.55.00

BATUJAYA, RAKA – Guna menghindari adanya penyalahgunaan dan ketidakpahaman sekolah, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pendidikan Batujaya menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) administrasi dan pengelolaan BOS siang kemarin di aula kantor UPTD. Sebanyak 39 kepala sekolah dan bendahara BOS ikut kegiatan wajib tersebut.
Kepala UPTD Pendidikan Batujaya, Sahdi Abidin mengatakan bahwa menurut Permendikbud 80/2015 pengelolaan BOS mulai dari perencanaan, melakukan, menyusun, membuat papan informasi dan menyusun team management bos sekolah sangat penting untuk diketahui kepala sekolah maupun bendahara bos. Fungsinya agar tidak terjadi ketidakpahaman saat pelaksanaan bos nanti. “Banyak materi yang perlu diketahui, maka dari itu atas inisiatif sendiri saya undang pak haji Ono team dari Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang untuk jadi narasumber dalam bimtek tadi,” katanya.
Menurutnya ada beberapa materi yang wajib diketahui selain dari pengelolaan BOS terutama soal pelaporan yang harus diketahui kepsek. “Yang sangat wajib dan harus mereka ketahui itu tentang 4 buku yaitu buku kas umum, kas tunai, buku pembantu bank dan buku pembantu pajak,” tegasnya.
Dia berharap dengan adanya kegiatan Bimtek tersebut kepala sekolah bisa melakukan pembukuan secara akurat tiap bulannya dan bukti laporan bisa tepat waktu. Karena takunya masih ada kepala sekolah yang belum paham akan juknas juknis BOS nanti. “Kepala sekolah dan bendahara mampu membuat Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) dengan valid dan ankuntabel dan tidak bermasalah,” harapnya.
Kegiatan bimtek yang diselenggrakan UPTD tersebut pun mendapatkan apresiasi Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Cecep memuji langkah UPTD yang menggelar bimtek. Karena tidak semua UPTD menyelenggrakan jika tidak ada inisiatif. “Bagus ya dan jika perlu semua UPTD harus seperti itu, kalau tidak kreatif sendiri susah,” ungkapnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template