3 Tahun Dipendam, Bansos Diungkap Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » 3 Tahun Dipendam, Bansos Diungkap Lagi

3 Tahun Dipendam, Bansos Diungkap Lagi

Written By Mang Raka on Selasa, 26 April 2016 | 17.03.00

KARAWANG, RAKA - Penikmat penyalahgunaan dana bansos tahun 2011 Rp 15 miliar siap-siap saja berurusan dengan hukum. Pasalnya, kasus bansos yang sempat diselidiki tahun 2013 tapi tidak jelas juntrungannya itu, kini diselidiki kembali Kejaksaan Negeri Karawang.
Berat memang bagi kejaksaan untuk membuka berkas lama dalam kasus yang diduga melibatkan banyak pihak ini, terlebih seluruh tim penyidik yang menangani kasus tersebut sudah pindah tugas. Meski begitu, Kepala Seksi Pidana Khusus Kejari Karawang, Titin Herawati, menegaskan akan menyelesaikan kasus ini hingga tuntas. "Kita melaksanakan perintah pimpinan (Kejaksaan Agung) agar kasus bansos ini segera dituntaskan. Makanya sejak perintah itu turun, kami langsung membentuk tim dan memulai pemeriksaan kembali,” katanya, Senin (25/4) kemarin.
Setelah memeriksa Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Pertambangan, dan Energi (Disperindagtamben) Hanafi, kemarin terlihat 17 orang dari sejumlah organisasi perangkat kerja daerah (OPD) diperiksa oleh 6 orang penyidik. Secara bergiliran sejumlah pejabat menjalani pemeriksaan sejak pukul 09.00 hingga pukul 14.00 WIB. Meski sebagian dari mereka mengaku bingung karena sebelumnya sudah diperiksa penyidik, namun mereka tetap menyerahkan banyak berkas terkait bansos.  “Iya saat ini kita masih dalam tahap meminta keterangan dari sejumlah pihak yang mengetahui penyaluran dana bansos ini. Saat ini kita memeriksa 17 orang dari unsur DPPKAD (Dinas Pendapatan, Pengelolaan, Keuangan, dan Aset Daerah), Bagian Perekonomian, Dinas Koperasi, dan pejabat di lingkungan sekretaris daerah,” kata Titin.
Menurut Titin, pemeriksaan kali ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya sempat memeriksa Hanafi. Kali ini pemeriksaan bersifat meminta keterangan tambahan. “Sebelumnya kan kasus ini sudah dimulai penyelidikan tahun 2013 lalu. Sekarang dengan sprintlid (surat perintah penyelidikan) yang baru kita mulai lagi melakukan pemanggilan untuk meminta keterangan,” katanya.
Titin mengaku pemeriksaan kasus dugaan korupsi dana bansos dilanjutkan kembali berdasarkan perintah langsung tim Supervisi Kejaksaan Agung. Tim ini sebagai verifikasi terkait kasus yang ditangani Kejaksaan Negeri Karawang.  “Iya kita sudah dapat perintah pimpinan agar kasus ini segera ditangani hingga selesai,” katanya.
Ia melanjutkan, tidak tertutup kemungkinan sejumlah pihak yang terkait dengan kasus ini akan kembali dimintai keterangan. Pemanggilan akan dilakukan kepada sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Karawang dan anggota DPRD. “Kita akan terus lanjutkan, hingga memiliki kesimpulan hukum terkait hasil pemeriksaan," tuturnya.(ops)

Seputar Kasus Bansos 
Tahun 2011
Dana bansos Rp 15 miliar dikucurkan

Tahun 2013
Kejari melakukan penyelidikan, namun tidak jelas akhirnya.

Tahun 2016
Kejaksaan Agung mengeluarkan surat perintah penyelidikan baru
Kejaksaan Negeri Karawang mulai memeriksa belasan orang terkait dana bansos

Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template