3 Hari, Ribuan Lidah Nikmati Durian - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 3 Hari, Ribuan Lidah Nikmati Durian

3 Hari, Ribuan Lidah Nikmati Durian

Written By Mang Raka on Senin, 18 April 2016 | 17.30.00

KARAWANG, RAKA - Ajibbb...Pesta Durian Nusantara 2016 di Mal Karawang Central Plaza selama tiga hari yang berakhir Minggu (17/4) kemarin, menuai rasa legit dari pembeli maupun penjual.
Pembeli dari berbagai daerah di Karawang, Purwakarta hingga Jabodetabek dengan beragam profesi, terlihat sumringah saat si raja buah dimakan pada lahapan pertama. Tidak tanggung, jempol bersisakan daging durian juga diisap penuh. "Durian mantap. Kalau dikasih diskon nambah lagi deh kayaknya," kata penikmat durian asal Telukjambe, Cindy kepada Radar Karawang, Minggu (17/4).
Kebahagiaan juga dirasakan para penjual durian dan olahan. Peluh keringat selama tiga hari terbayar tuntas dengan omzet melimpah. Pemilik olahan Pie Susu Almas, Yanto mengungkapkan, produk yang dibuatnya sebanyak 7 boks ludes terjual dalam keadaan masih hangat. "Satu jam terjual 30 boks. Harganya Rp 28 ribu per boks," ungkapnya.
Hal serupa diungkapkan Oca, dari Lavanda Brownies. Dari hari ke hari penjualan produk yang dijajakannya meningkat. Mulai dari brownies durian 120 boks, Klappertart 20 buah, pan cake 20 buah, sop duren 60 buah dan durian cup 20 buah. "Daya jual meningkat tiap harinya," tutur Oca.
Owner Bau Duren Cup, Imam menambahkan, selama Pesta Durian bisa mengantongi penghasilan Rp 32 juta dari pukul 14.00 WIB sampai pukul 19.WIB. "15 sampai 20 boks terjual. Sayang stoknya habis," ujarnya.
Di sudut lain, Owner Duren Si Pandan Rancamaya, Supandi mengatakan, targetnya selama tiga hari bisa menempelkan 1.500 buah durian ke lidah pembeli, ternyata terlampaui. Begitupun pengelola Cendol Durian, Ahong juga mengatakan, penikmat es cendol durian sangat tinggi.
Berdasarkan catatan Radar Karawang, perputaran uang dalam sehari untuk durian Rp 50 juta, sedangkan olahan Rp 32 juta. Selain diserbu ribuan masyarakat, Pesta Durian Nusantara juga dinikmati oleh Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana bersama Wakil Bupati Ahmad Zamakhsari, Ketua PMI Eli Amalia, sejumlah anggota DPRD hingga sejumlah pejabat Pemkab Karawang. "Ke depan kita akan memperbanyak sentra-sentra UKM di Karawang. Usaha mereka akan kita permudah," ujar Cellica setelah berdialog dengan pemilik olahan durian.
General Manager Radar Karawang A Taufiq Hidayat mengatakan, Pesta Durian Nusantara yang diselenggarakannya bersama Mal KCP bukan hanya sekadar pesta penutup musim durian. Dia melihat, nilai keekonomian si raja buah itu cukup tinggi, karenanya layak mendapat perhatian serius dari berbagai pihak. Terlebih Kabupaten Karawang memiliki varietas yang khas, yaitu durian Loji. "Durian di Karawang bisa menjadi komoditas unggulan. Terutama daerah di bagian selatan, seperti Pangkalan, Tegalwaru dan Ciampel," ungkapnya.
Pada bagian lain, kata Taufiq, produk olahan yang dikembangkan oleh masyarakat Karawang terutama kalangan UKM juga mulai berkembang, bahkan sudah berhasil memasuki pangsa pasar luar daerah hingga antarpulau. Yang disayangkannya pula, bahan bakunya didatangkan dari daerah lain. "Kalau buah durian berikut olahannya ada di Karawang kan lebih mantap. Roda ekonomi masyarakat bergerak semua," ujarnya. (cr3/psn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template