1 Sipir Dikepung 15 Napi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » 1 Sipir Dikepung 15 Napi

1 Sipir Dikepung 15 Napi

Written By Mang Raka on Rabu, 27 April 2016 | 13.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Persoalan di lembaga pemasyarakatan tanah air mencapai klimaks. Rentetan kerusuhan di lapas di berbagai daerah akhirnya membuka mata pemerintah. Persoalan daya tampung dan minimnya jumlah petugas sipir kini jadi prioritas.
Menurut data yang dihimpun Radar Karawang di Lapas Kelas IIB Purwakarta, perbandingan sipir dengan penghuni lapas sangat tidak ideal. Dari 469 tahanan dan napi hanya dijaga 32 orang sipir. Jika dirata-ratakan, artinya 1 orang sipir harus menjaga 15 orang. Kondisi ini jika dibiarkan bukan tidak mungkin Lapas Purwakarta akan terus menuai masalah. Diantaranya adalah penyebaran narkoba.
Hal itu terbukti saat tes urine yang dilakukan beberapa waktu lalu, 5 dari 469 warga binaan positif mengkonsumsi narkoba. "Guna mempersempit ruang gerak peredaran narkoba, kita menggelar tes urine terhadap ratusan warga binaan, termasuk sejumlah sipir di Lapas Purwakarta," terang Kasat Narkoba Polres Purwakarta AKP Eko Condro, waktu itu.
Menurutnya, dari hasil tes urine tersebut ditemukan 5 orang warga binaan yang positif mengkonsumsi narkoba. "Petugas Lapas dinyatakan bersih, tapi dari tahanan kita temukan 5 orang positif konsumsi narkoba," jelasnya tanpa merinci jenis narkoba yang digunakan.
Diketahui, salah satu warga binaan yang positif menggunakan narkoba adalah Riky Riwaldy. Yang bersangkutan merupakan narapidana pindahan dari Lapas Cipinang, yang tersangkut kasus narkoba dengan hukuman 5 tahun 3 bulan penjara. Dan sudah menghuni Lapas Purwakarta selama 3 tahun. Sementara itu, Kalapas Kelas II B Purwakarta, Warsianto menyambut baik atas pemeriksaan yang dilakukan pihak kepolisian terhadap warga binaan. "Jika ditemukan adanya warga binaan yang membawa barang yang dilarang atau hasil tes urinenya positif, maka sanksi yang akan diberikan berupa administrasi dan mencabut hak-haknya," ujar Warsito. (cr2/rk)


Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template