Ujang Purnama, Pemuda Desa Situdam Lulusan Terbaik ITB 2015 - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ujang Purnama, Pemuda Desa Situdam Lulusan Terbaik ITB 2015

Ujang Purnama, Pemuda Desa Situdam Lulusan Terbaik ITB 2015

Written By Mang Raka on Rabu, 21 Oktober 2015 | 18.21.00

Dapat Ganesha Prize, Langsung Ditawari Jadi Dosen di Jepang

Ternyata, anak-anak muda Karawang mampu berprestasi di luar daerah, bahkan tingkat internasional. Ini dibuktikan oleh Ujang Purnama, warga Desa Situdam, Kecamatan Jatisari, yang baru saja mendapat gelar sarjana apoteker di Institut Teknologi Bandung, akhir pekan lalu.

Alumni SMPN 1 Jatisari ini dinobatkan menjadi mahasiswa terbaik di ITB dan mendapat kesempatan untuk terbang ke Belanda, ikut serta mengembangkan obat fibro veron, salah satu obat penyakit kanker hati. Di sana, Ujang akan meneliti efek obat penyakit hati tersebut ke otot usus.

Obat yang akan dikembangkan tersebut saat ini sudah resmi dan dalam waktu dekat akan dikembangkan untuk keperluan medis. Obat tersebut merupakan ditemukan oleh salah satu profesor Groningen Univercity di Belanda. "Saya diberi tugas untuk menguji obat (fibro veron) yang sama untuk otot usus, karena ada dugaan kanker di usus itu bisa diobati dengan obat yang sama. Biasanya bukan hanya kanker, tapi penyakit setelah operasi," kata Ujang saat ditemui di kediamannya, Selasa (20/10).

Di kalangan sivitas akademika ITB, penghargaan Ganesha Prize paling bergengsi. Karena merupakan hadiah dari organisasi Bandoengse Technische Hogeschool-Fonsd. Sebuah organisasi zaman Hindia Belanda yang mendirikan ITB. Keturunan para pendiri ITB itu saat ini masih ada.

"Mereka ngasih hadiah tiap tahun 1 orang, nama hadiahnya Ganesha Prizze. Itu untuk mahasiswa paling berprestasi di ITB, jadi bukan hanya IPK (3,87), tapi juga prestasi akademik atau non kademik, pengalaman organisasi nasional dan internasional, kemudian kemampuan bahasa Inggris-nya harus bagus," terang anak kebanggaan Apin Sukara dan Amih Susilawati ini.

Dia menuturkan Organisasi tingkat Jawa Barat itu diantaranya Kampus Peduli, Salman Medika Center sebagai pemrakarsa. Kemudian organisasi purna caraka muda Indonesia di dalamnya ada pertukaran pemuda antar negara, kemudian organisasi bina antarbudaya yang juga pertukaran pelajar ke luar negeri. "Waktu SMA (SMAN 1 Karawang) ke Amerika kelas 2, satu tahun pertukaran pelajar, waktu masuk ke ITB tiga kali ke Jepang," ujarnya.

Saat 2 minggu ke Jepang yang mengutus dirinya organisasi Purnacaraka Indonesia. Tujuannya Kota Tokyo dan Fukuoka, tahun berikutnya ke Osaka Jepang magang 2 bulan yang sebelumnya dilakukan seleksi tingkat nasional. Tahun berikutnya lagi ke kota Toyohashi, Jepang dalam rangka fokus diskusi soal sains dan teknologi di 2 negara, perbandingan Jepang dan Indonesia. "Jadi memang teknologi Indonesia sangat ketinggalan dibanding negara-negara lain, terutama Jepang, di sana apapun hampir terotomisasi, sedangkan di kita rata-rata masih manual," ujarnya.

Dia juga pernah berangkat ke Tahiland saat menginjak semeter 7, presntasi tentang farmasi ITB ke Ciang May University serta Mahidol Universcity di Bangkok. Pengalaman-pengalaman itu menurutnya, sangat memacu untuk bisa mewujudkan mimpinya bisa memajukan Indonesia, khususnya Karawang. "Farmasi ITB itu lebih menekakan ke teknologi, klau farmasi lain lebih ke klinik, seperti di luar negeri, itu lebih manajemen pelayanannya yang lebih baik," terangnya.

Soal keberangkatannya ke Belanda, diakuinya sudah siap. Mulai dari tiket hingga lain-lain, termasuk tempat tinggal dan jaminan hidup untuk 3 bulan sudah disiapkan. Sepulang dari Belanda dia merencanakan akan mengambil profesi apoteker. "Hasil penelitian nanti, nama saya bakalan dipublis di papernya di sana, dan dipublikasi ke jurnal internasional," ujarnya.

Saat ini, Ujang sudah mendapat tawaran di ITB untuk menjadi dosen, bahkan termasuk salah satu universitas di Jepang yang juga meminta dirinya menjadi dosen. (zie)
Berbagi Artikel :

8 komentar:

  1. kerenn ujang. bangga dehh punya temen kaya kamuuu..... bangga bisa satu smp bareng kamu.

    BalasHapus
  2. Daebakk kang ujang. Dpt salam dr Pa Agus Makbul cenah. He's so proud of you, and He said you're awesome.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam juga ya dari kaka kelasnya ujang ex smp n 1 jatisari..
      Pak agus makbul still teaching english?

      Hapus
  3. Daebakk kang ujang. Dpt salam dr Pa Agus Makbul cenah. He's so proud of you, and He said you're awesome.

    BalasHapus
  4. Daebakk kang ujang. Dpt salam dr Pa Agus Makbul cenah. He's so proud of you, and He said you're awesome.

    BalasHapus
  5. ujang euy mantappp.... jgn lupa ya sama karim klo udah sukses

    BalasHapus

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template