Senin, 24 Agustus 2015

SMKN 1 Cikampek Punya Wartawan Sekolah

CIKAMPEK, RAKA- Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cikampek, mengikuti kegiatan pelatihan jurnalistik. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mencetak jurnalis sekolah. Peserta jurnalistik ini dipersiapkan untuk menjadi wartawan sekolah dan membentuk lembaga pers siswa.

Dalam pelatihan tersebut, siswa dikenalkan tentang jurnalisitik, teknik wawancara, teknik mencari berita, teknis menulis dan mengedit berita. Bukan hanya itu, peserta pelatihan juga langsung mepraktikan materi dengan melakukan peliputan dan membuat berita yang berkaitan dengan sekolah. "Awalnya, sebenarnya dari kebiasaan para peserta didik dalam menulis, makanya kami tindak lanjuti dengan pelatihan jurnalistik," ujar  Dra Siti Fatimah, guru Bahasa Indonesia SMKN 1 Cikampek, Minggu (23/8).

Menurutnya, potensi yang dimiliki siswa harus dikembangkan dengan baik. Terutama berkaitan dengan karya tulis, seperti karya jurnalistik. Jika peserta didik sudah faham dan bisa menulis, maka akan segera ditindaklanjuti dengan membuat wadah jurnalis di SMKN 1 Cikampek. "Sekarang sudah ada ekskul jurnalis. Pelatihan ini diharapkan bisa lebih memberikan pemahaman terkait jurnalisitik, dan peserta didik bisa jadi jurnalis atau wartawan sekolah," katanya.

Banyak kegiatan dan potensi sekolah yang harus diketahui oleh masyarakat umum. Dengan adanya wartawan sekolah, hal tersebut bisa dipublikasikan. "Mungkin tahap awal nanti akan ditindaklanjuti dengan mengaktifkan mading. Dibuat tim jurnalis, agar setelah adanya pelatihan ini benar-benar ada tindaklanjutnya," ucapnya.

Dia bangga dengan hasil karya jurnalisitik yang sudah dibuat oleh siswanya. Karena meski hanya mengikuti pelatihan 1 hari, tapi mereka sudah bisa menentukan berita apa yang layak untuk dipublikasikan, mampu mewawancarai narasumber sampai membuat naskah berita. "Saya senang dan bangga. Alhamdulillah, mereka punya potensi yang baik. Kita bisa lihat mereka langsung bisa buat berita," ujarnya.

Salah seorang peserta pelatihan, Teti Kurnia, kelas XI elektronika, mengaku senang mengikuti kegiatan pelatihan jurnalisitik. Dia lebih memahami secara mendalam terkait jurnalisitik. Menurutnya, pelatihan tersebut sangat baik, karena memberi pengetahuan dan ilmu baru yang selama ini belum dipelajari. "Alhamdulilah acaranya menyenangkan pak dan dapat ilmu baru tentang jurnalistik," ucapnya.

Selain berencana akan mengaktifkan mading, SMKN 1 Cikampek juga akan membuat website atau blog yang nantinya akan diisi oleh karya-karya jurnalistik para peserta didik yang sudah mengikuti pelatihan. (zie)