Kue Kembang Ros jadi Primadona di Hari Raya - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Kue Kembang Ros jadi Primadona di Hari Raya

Kue Kembang Ros jadi Primadona di Hari Raya

Written By Mang Raka on Sabtu, 04 Juli 2015 | 14.30.00

KARAWANG, RAKA – Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh keberkahan bagi umat Islam. Pada bulan ini bahkan merupakan momen tepat bagi para penjaja makanan seperti cemilan untuk takjil buka puasa maupun kue-kue untuk dihidangkan pada saat Hari Raya Idul Fitri tiba.
Seperti kue yang dihasilkan oleh ibu Enah warga Desa Wadas Kecamatan Telukjambe Timur yang memproduksi kue kembang ros. Kue yang berjenis kerupuk tersebut memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Karawang pada umumnya. Yang membuat takjub ialah kue yang menyerupai bunga Ros ini dihasilkan tanpa alat cetak apa pun melainkan hanya dengan menggunakan jari-jari tangan. “Bikin kembang ros mah ga pake alat cetak apapun, cuma pake jempol doang. Paling tambahan alat nya daun pisang buat alas sama plastik buat ngebentuk nya biar ga lengket,” ujar Enah kepada RAKA kemarin.
Kue yang berbahan dasar tepung beras yang di campur sedikit tepung tapioca tersebut memiliki cara yang khas dalam pembentukan yang menyerupai bunga mawar.
“Bahan utama tepung beras yang di tumbuk atau di giling sendiri, bukan tepung beras yang udah jadi di pasar, karena di buat jadi adonan nya ga sebagus tepung beras dapet giling sendiri,” tambahnya.
Di lokasi yang sama, Risna, putri bungsu dari ibu Enah menambahkan bahwa kue yang dibuat oleh orang tuanya tersebut sering dipesan untuk di jadikan oleh-oleh bagi yang akan mudik ke kampung halaman. “Biasanya tetangga sekitar rumah yang pesen tapi ada juga yang jauh-jauh datang dari Cikampek cuma untuk pesen kembang ros. Kue yang di bikin mamah cuma buat yang pesen, apalagi kalo bulan puasa kayak gini sampe H-2 lebaran juga masih ada yang pesen,” ujarnya
Selain membuat kembang ros lanjut Risna, orang tua nya juga membuat kue rangginang itu pun sama sesuai pesanan saja. “Selain kembang ros kami juga terima pesanan kue rangginang, dan biasa nya kami jual kembang ros dengan harga Rp. 600/pcs dan untuk rangginang Rp.800/ pcs,” pungkasnya. (ega)
Berbagi Artikel :

1 komentar:

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template