Masuk Unsika Tidak Mudah Lagi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Masuk Unsika Tidak Mudah Lagi

Masuk Unsika Tidak Mudah Lagi

Written By Unknown on Kamis, 05 Februari 2015 | 12.00.00

-Nginduk ke IPB, Sediakan 2.500 Kursi

KARAWANG, RAKA - Penerimaan mahasiswa baru Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang (Unsika) tahun ini dirasa istimewa. Sebab seperti diketahui, belum lama ini universitas yang berdiri tanggal 2 Mei 1982 oleh Yayasan Pembina Perguruan Tinggi Pangkal Perjuangan, telah diubah statusnya secara resmi oleh pemerintah menjadi universitas negeri.
Tentunya dengan perubahan tersebut, tata cara penerimaan serta pendaftaran mahasiswa baru berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bukan hanya itu, agar bisa menjadi mahasiswa Unsika tentu tidak semudah tahun-tahun sebelumnya. Karena kini pelajar Karawang harus bersaing dengan pelajar di seluruh Indonesia, untuk memperebutkan kursi kampus negeri tersebut.
"Iya benar, tahun ini Unsika sudah tidak lagi melakukan pendaftaran secara mandiri seperti saat berstatus swasta. Tapi mengikuti aturan yang ada di pusat, seperti halnya peraturan penerimaan mahasiswa baru seperti di universitas negeri lainnya,” ujar Kepala Bagian Humas dan Kerjasama Unsika Muhamad Riva Arifin, SP, kepada Radar Karawang, Rabu (4/2).
Dijelaskan Riva, ada tiga jalur seleksi dalam penerimaan mahasiswa baru bagi perguruan tinggi negeri untuk tahun ini, yaitu menggunakan jalur Seleksi Nasional Masuk Peguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) serta menggunakan jalur seleksi mandiri. Untuk penerimaan mahasiswa baru Unsika tahun ini, hanya akan memakai jalur SBMPTN serta jalur mandiri, dan akan dibuka setelah proses SNMPTN selesai di perguruan tinggi negeri lain yang ada di Indonesia. Dan perlu diketahui, kata dia, dalam formulir pendaftaran masuk ke Unsika nanti akan menggunakan kode Institut Pertanian Bogor (IPB) yaitu dengan kode 033.
Untuk teknis pelaksanaan jalur penerimaan mahasiswa baru tersebut, kata Riva, pihak Unsika terlebih dulu akan melakukan kajian ke IPB. Sebab, kata dia, penerimaan mahasiswa baru tahun ini, pihak Unsika masih menginduk ke IPB. Saat ini, pihaknya belum berani memberikan informasi terkait tata cara pendaftaran untuk masuk ke Unsika ke siswa SMA/SMK sederajat di Karawang. Hal itu untuk menghindari salah komunikasi. Dan setelah belajar dari IPB, pihak Unsika akan mulai road show ke sekolah-sekolah. Rencananya ada empat kota dan kabupaten yang akan didatangi untuk memberikan informasi lebih jelas, terkait tata cara pendaftaran mahasiswa baru yang akan masuk ke Unsika Karawang. Empat kabupaten tersebut yakni Kabupaten Purwakarta, Subang, Karawang dan Bekasi.
Beberapa waktu lalu, lanjut Riva, pihaknya telah mengikuti sosialisasi dan pelatihan proses penerimaan mahasiswa baru ke tiga kota yaitu Yogyakarta, Bandung dan Jakarta. Di tiga kota itu, perwakilan dari Unsika diberikan pemahaman banyak soal bagaimana tata cara penerimaan mahasiswa baru, dan selanjutnya terakhir akan belajar langsung ke kampus IPB Bogor. “Tentu tahun ini akan lebih repot karena skalanya secara nasional, sudah bukan lagi secara mandiri. Tapi untuk sumber daya manusia kami sudah siap,” katanya.
Disinggung mengenai jumlah mahasiswa baru yang akan diterima, Riva belum bisa memastikan. Sebab katanya, sampai saat ini semua fakultas yang ada di Unsika belum memberikan kuota kebutuhan jumlah mahasiswa. Penghitungan jumlah tersebut akan disesuaikan pula dengan kebutuhan setiap program studi, serta kelengkapan fasilitas. Namun dia memperkirakan, Unsika akan menerima mahasiswa baru sebanyak 2.000 sampai 2.500 mahasiswa. Diketahui Unsika sendiri sampai saat ini terdapat 8 fakultas dan 23 program studi dengan jumlah keseluruhan mencapai 13.000 mahasiswa. (ega)

Profil Unsika

Berdiri:        2 Februari 1982
Penegerian:        6 Oktober 2014

Fakultas:        Hukum
                Ekonomi dan Bisnis
                Keguruan dan Ilmu Pendidikan
                Pertanian
                Agama Islam
                Teknik
                Ilmu Komputer
                Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Program Studi:        Pascasarjana Magister Manajemen
                Pascasarjana Magister Ilmu Hukum
                Ilmu Hukum S-1
                Manajemen S-1
                Akuntansi S-1
                Akuntansi D-3
                Pendidikan Luar Sekolah S-1
                Pendidikan Matematika S-1
                Pendidikan Bahasa Inggris S-1
                Pendidikan Jasmani dan Kesehatan S-1
                Agroteknologi S-1
                Kebidanan D-3
                Pendidikan Agama Islam S-1
                Teknik Industri S-1
                Teknik Mesin S-1
                Teknik Mesin D-3
                Teknik Informatika S-1
                Ilmu Komunikasi S-1
                Ilmu Pemerintahan S-1
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template