Tugu Air Mancur Resmi Jadi Tugu Padi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tugu Air Mancur Resmi Jadi Tugu Padi

Tugu Air Mancur Resmi Jadi Tugu Padi

Written By Mang Raka on Rabu, 14 Januari 2015 | 13.00.00

KARAWANG,RAKA - Setelah proses pembangunan yang memakan waktu cukup lama, akhirnya proyek Tugu Padi yang berada di Jalan Kertabumi, mulai dibuka dan bisa dinikmati masyarakat umum sejak beberapa waktu lalu.

Awal pembangunan tugu yang memakan waktu pembangunan  hampir dua tahun dan diperkiraan menguras dana APBD hingga Rp 700 Juta ini diharapkan menjadi tugu yang menyimbolkan karawang sebagai daerah lumbung padi, meski bentuknya bukan seperti padi tetapi gandum. Bundaran air mancur dengan simbol tugu tangan menggenggam padi di Jalan Kertabumi memiliki filosofi khusus bagi Karawang sebagai daerah lumbung padi, bundaran yang telah menghabiskan anggaran APBD kabupaten Rp 700 juta ini akan menjadi ikon Karawang yang masih kuat mempertahankan daerah agraris.
"Tugu padi di atas bundaran air mancur itu pun punya filosofi sejarah kemerdekaan, yaitu 17 tangkai, 8 daun dan 45 butir padi. Sedangkan tangannya yang menggenggam padi itu mengisyaratkan pemerintah berupaya mempetahankan swasembada pangan," ujar Kabid Perencanaan Kebersihan dan Pertamanan Dinas Cipta Karya Karawang, Miftahudin.
Namun sayang, setelah rampung dibangun justru tugu yang akan menjadi ikonnya Karawang ini mendapatkan kritikan pedas dari masyarakatnya. Menurut sebagian warga selain merupakan pemborosan anggaran pembangunan tugu ini juga terkesan asal jadi karena tidak seperti tugu padi melainkan lebih mirip tugu gandum. "Mirip tugu gandum itu mah," cetus Panji warga yang melintas di sekitar lokasi tugu kepada RAKA kemarin.
Begitupun Ketua Komisi C DPRD Karawang Natala Sumedha.Ia juga mengkritisi sering terjadinya pembangunan yang telat tak terkecuali soal tugu padi yang hampir dua tahun baru rampung.Untuk itu beberapa waktu lalu pihaknya sudah menggelar hearing dengan beberapa pihak terkait dan memasang target empat bulan yang kemudian akan kembali di review. "Namanya juga tugu pasti beda," cetus Natala menyindir tugu Padi yang terkesan lebih mirip tugu gandum. (ega)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template