Korban Demam Berdarah Meningkat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Korban Demam Berdarah Meningkat

Korban Demam Berdarah Meningkat

Written By Unknown on Rabu, 28 Januari 2015 | 11.00.00

PURWAKARTA, RAKA - Sepanjang bulan Januari 2015, penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Purwakarta tercatat 46 pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bayu Asih Purwakarta. Jumlah tersebut terus meningkat dibanding bulan November 2014, sebanyak 16 orang dan Desember 2014 yakni 23 orang.
Direktur Utama RSUD Bayu Asih Purwakarta Agung Darwis mengaku, sejak awal sampai tanggal 27 Januari 2015 kemarin, pasien yang berobat akibat gigitan nyamuk Aedes Aegipty tersebut berjumlah 46 orang, yang terdiri dari 25 orang anak-anak dan 21 orang dewasa. "Ada yang sudah pulang, ada juga yang masih dirawat," kata Agung, Selasa (27/1).
Masyarakat yang terkena gejala DBD, lanjutnya, hampir merata di seluruh wilayah di Purwakarta. Tapi kebanyakan yang terjangkit yakni di daerah yang memiliki temperatur panas seperti di Kecamatan Kota Purwakarta, Babakan Cikao (BBC), Bungursari dan Plered serta Kecamatan Sukatani. "Di Daerah dingin relatif lebih sedikit, seperti seperti Kecamatan Wanayasa, Bojong dan Darangdan," ujarnya.
Agung menjelaskan, peningkatan pasien yang terkena penyakit DBD, disebabkan oleh datangnya musim penghujan sejak awal Januari 2015. Pasalnya, musim hujan merupakan salah satu faktor yang menyebabkan tingginya penderita DBD. "Pola hidup masyarakat yang kurang sehat memasuki musim hujan juga menjadi salah satu penyebab masyarakat mudah terjangkit," paparnya.
Dia menambahkan, kasus DBD sempat menggegerkan warga Purwakarta tahun 2007 lalu dengan Kejadian Luar Biasa (KLB), serta mengakibatkan satu orang meninggal dunia akibat penyakit tersebut. "Kami mengimbau, agar masyarakat tidak terkena DBD harus melakukan pencegahan, baik dengan pola hidup sehat, seperti mengutamakan kebersihan lingkungan dan makanan. Serta menguras bak mandi, menutup penampungan air dan mengubur barang bekas," tutupnya. (awk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template