Disaksikan Kapolres dan Dandim, 2 Kelompok Berdamai - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » , » Disaksikan Kapolres dan Dandim, 2 Kelompok Berdamai

Disaksikan Kapolres dan Dandim, 2 Kelompok Berdamai

Written By Mang Raka on Selasa, 10 September 2013 | 14.00

KARAWANG, RAKA - Dua kelompok yang Sabtu kahir pekan lalu terlibat bentrokan, kini sudah berdamai. Proses mediasinya sendiri, dilakukan di Markas Kodim 0604 Karawang di hadapan Kapolres Karawang AKBP Tubagus Ade Hidayat dan Dandim 0604 Letkol Kav A Nugroho Santoso.
Kabag Ops Polres Karawang Kompol Robi Yanuar menjelaskan bahwa kondisi pascabentrokan sudah kondusif. Hal itu ditegaskan dengan dibuatkannya surat pernyataan bersama antar kedua belah pihak antara lain, kedua belah pihak menyadari tentang kesalahan anggotanya di lapangan dan berjanji akan menarik anggotanya masing-masing.
Kedua pihak, juga akan mengosongkan kesekretariatan untuk sementara waktu sampai situasi aman atas kesepakatan bersama. Masing-masing pihak, juga menyatakan masalah
selesai dan menyatakan damai. Sementara kerugian yang timbul akibat pertikaian tersebut akan dimusyawarahkan antar pimpinan untuk mengganti kerugian. Sedangkan terhadap para pelaku penganiayaan yang menimbulkan korban akan diserahkan kepada pihak kepolisian dan akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Klarifikasi Pernyataan
Sedangkan terkait pemberitaan Radar Karawang edisi Minggu (8/9), yang menyebutkan saat kejadian bentrokan LSM GMBI dan BPPKB pihaknya belum berkoordinasi dengan Kodim 0604 Karawang untuk meminta bantuan personel TNI, dikatakan Kompol Robi Yanuar, pernyataan itu tidak benar. Karena, pihak kepolisan dan kodim telah melakukan penanganan dan pengamanan dari awal. Dikatakannya juga, proses pernyataan kesepakatan bersama antar kedua belah pihak dilaksanakan di Markas Kodim 0604 Karawang langsung oleh Dandim 0604 bersama Kapolres Karawang.
Sebelumnya, Kapolres Karawang AKBP Tb Ade Hidayat menyatakan, pihaknya sudah mengidentifikasi pelaku perusakan dalam peristiwa bentrok berdarah antara LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia atau GMBI dengan Ormas Badan Pembinaan Potensi Keluarga Banten (BPPKB) yang terjadi pada Sabtu (7/9) akhir pekan lalu.
"Pelaku perusakan dari masing-masing kelompok massa yang terlibat bentrok sampai melakukan perusakan sekretariat dan sejumlah unit kendaraan itu sudah kita identifikasi. (Nama-nama) pelakunya sudah kita kantongi," kata Tubagus Ade Hidayat ketika dihubungi RAKA melalui ponselnya.
Ia mengaku sudah meminta pimpinan LSM dan Ormas tersebut agar menyerahkan anggotanya yang diduga melakukan perusakan sejumlah unit kendaraan dalam peristiwa bentrok tersebut. Selain itu, aparat kepolisian juga meminta pimpinan kelompok massa yang terlibat konflik untuk segera melapor sekaligus menyerahkan anggotanya yang diduga melakukan unsur pidana. Pihaknya tegas kapolres, akan memproses kasus perusakan dalam peristiwa bentrok itu.
Namun Tubagus memastikan, sehari setelah peristiwa bentrok antar kelompok massa, situasi Karawang kembali normal dan kondusif. Dikatakannya, masing-masing pimpinan kelompok massa yang terlibat dalam peristiwa bentrok itu sudah menyatakan berdamai, disaksikan jajaran kepolisian dan Kodim 0604 Karawang, serta Kesbangpolinmas. “Kami terus melakukan upaya-upaya agar-agar konflik tersebut tidak kembali terjadi, dengan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Dandim 0604 Karawang. Dari mulai pengamanan, koordinasi, hingga pernyaatan kesepakatan perdamaian bersama antar kedua kelompok. Kita dibantu oleh Kodim 0604,” tambahnya. (cr2)
Berbagi Artikel :

3 komentar:

  1. lucu ko penegakan hukum yang pake damai??...udah jelas nih LSM langggar HAM telah merampah hak warga untuk mendapatkan rasa aman dan nyaman...ko polisi ga punya nyali..

    BalasHapus
  2. Jauh 2 ti Tibanten jadi perusuh,balik we k banten emang eweuh jang dahar menta ka si Atut

    BalasHapus
  3. Dasar teu gableg otak malah cengar cengir........kudunamah dibarui ketuana ngarah nu dihandap karapoken.....inimah kalahkah didamaikeun........makin manja LSM Dan Ormas

    BalasHapus

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.