Pengisian Data EDS Online Jangan Direkayasa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pengisian Data EDS Online Jangan Direkayasa

Pengisian Data EDS Online Jangan Direkayasa

Written By Mang Raka on Jumat, 23 Agustus 2013 | 14.00

CILAMAYA WETAN, RAKA- Pemilik NUPTK dan masih aktif sebagai pendidik dan tenaga kependidikan (PTK), diwajibkan melakukan pemutakhiran dengan mengunduh formulir dan mengikuti prosedur yang ada di situs Padamu Negeri Kemendikbud. Pasalnya, jika tidak, secara otomatis  akan dinyatakan tidak aktif.
Dalam Proses pengaktifan NUPTK 2013, ada tahapan yang harus dilakukan oleh PTK, salah satunya adalah pengisian Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di situs Padamu Negeri secara mandiri oleh PTK. Karenanya, sebagai syarat untuk mendapatkan verifikasi dan validasi (verval 2)  pemutahiran NUPTK, situs Padamu Negeri harus mengisi angket evaluasi diri sekolah, karena setelah mendapat bukti verval 1, maka PTK akan login di situs Padamu Negeri dan mengisi EDS. Oleh sebab itu, para operator sekolah se Kecamatan Cilamaya wetan diminta teliti dan hati-hati mengisi EDS dan memberi keterangan apa adanya.
Operator UPTD PAUD/SD Cilamaya Wetan, Kosasih mengatakan, para operator dari 32 SD se- Kecamatan Cilamaya wetan dimintanya agar berhati-hati mengisi EDS, karena menyangkut kelangsungan potret sekolah. Saat ini memang belum tampil, namun jika semua EDS guru, sekolah dan siswa terintegrasi semua akan ditampilkan Oleh sistem dan dari sistem itulah akan membantu pemerintah dalam mengukur bantuan pada sekolah mana saja yang layak dan dilihat dari sistem tersebut lewat profil. "Karenanya, dalam pengisian EDS jangan asal dan harus diisi apa adanya sesuai kenyataan," paparnya.
Saat ini, format kuisioner EDS bagi siswa memang idealnya secara online, namun tak menjadi soal kuisioner untuk siswa SD yang porsinya kelas 5 dan 6 menjawab semua item pertanyaan secara manual untuk kemudian diurus pihak sekolah lewat operatornya. Karena siswa masih ada yang belum faham IT dan jika masih dianggap ada kesulitan boleh konsultasi utamanya teknis cara entry data siswa. "Isilah apa adanya jangan dibesarkan atau dikecilkan kekurangan sekolah, namun harus sesuai agar profil sekolah muncul dan menjadi ukuran pemerintah untuk memberi bantuan sesuai dengan yang dibutuhkan sekolah," ujarnya disela-sela sosialisasinya pada para operator di aula kantor UPTD pAUD/SD Cilamaya wetan, Kamis (22/8).
Diakui Kosasih, memang EDS ini sosialisasinya kurang greget dari kabupaten dan hanya selintas. Sehingg para operator sesekali masih ada yang kurang faham, baik secara manual kolektif maupun online, karena semuanya proses NUPTK hakikatnya saling berkaitan. Menurutnya, kasek tak akan bisa memverval jika belum bintang 4 dan dinas bisa memverval jika sudah verifikasi data. "Karenanya, setiap kali ada keluhan dan pertanyaan yang kurang difahami, pihaknya tampung untuk kemudian menggelar pertemuan. Karena yang dinamakan operator hakikatnya selain operator sekolah, juga ada operator pengawas dan kecamatan yang kesemuanya saling berkaitan," ujarnya.
Lebihlanjut Kosasih menambahkan,  kasek sudah bisa memverval jika  PTK-nya  masih ada semua dan jika guru tak memverval, untuk guru pada tunjangan dan NUPTK juga tak divalidasi akan dipending sebelum diverifikasi. Hal itu jika dilihat dari panduan. "Karena hasil kuisioner EDS tersebut, akan mengeluarkan profil sekolah dan  membicarakan sarana sekolah," ujarnya.
Sebagaimana diketahui, mulai tahun 2013, pelaksanaan EDS menjadi salah satu bagian dari Layanan Sistem Informasi Padamu Negeri  Kemdikbud. Dalam proses verval data NUPTK, pendidik diminta untuk mengisi instrumen kuisoner (pertanyaan) EDS secara online langsung dari internet. Jawaban guru dijaga kerahasiannya oleh sistem dan secara otomatis akan tersimpan terpusat di server. Guru diminta menjawab secara obyektif pertanyaan EDS sesuai kondisi sekolah atau kelas guru itu sendiri. Setiap jawaban memiliki pilihan jawaban yang hampir sama. Setelah guru (PTK) melakukan aktivasi akun di http://padamu.siap.web.id kemudian login dan mengisi data rincian, dan menjawab pertanyaan EDS. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.