Ngabuburit Sambil Ngaji - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ngabuburit Sambil Ngaji

Ngabuburit Sambil Ngaji

Written By Mang Raka on Sabtu, 13 Juli 2013 | 14.00

Menunggu buka puasa alias ngabuburit tak harus dilakukan di jalanan. Akan lebih bermanfaat lagi jika dilakukan sambil mengaji. Seperti yang dilakukan para santri Ponpes Al Maghfiroh di Pundong, Karawang Timur.
Lantunan ayat-ayat Alquran dikumandangkan secara serentak dilakukan oleh para santri. Ayat demi ayat, surat demi surat, dibacanya. Hal ini, juga dilakukan di tengah terik mentari. Mereka seolah tidak sedang menahan lapar dan dahaga.
Salah seorang santri bertutur, tadarus yang dilakukannya merupakan ibadah untuk bisa menjaga pahala puasa serta berupaya untuk mendapatkan Rido dari Allah SWT. "Kata kiai, puasa jangan menjadi alasan untuk bermalas-malasan, bahkan seharusnya seorang muslim itu menjaga ibadah puasa dengan melakukan ibadah lain. Seperti shalat sunnah, menjaga diri dari hal-hal yang bertentangan dengan ajaran agama, termasuk juga melakukan tadarus untuk lebih meningkatkan pahala kita," ujar salah seorang santri, Ahmad Rizki Muhidin (11).
Ibadah yang langsung dirasakan fisik seorang muslim itu katanya, mampu dijalani dengan baik, buka hanya sekdar puasa untuk menahan lapar dan dahaga, tapi menjaga sikap dan perilaku sebagai muslim sejati.
Rutinitas ibadah yang terus ditingkatkan di bulan suci Ramadan menjadi keharusan bagi para santri yang sedang menggeluti ilmu agama di sini. Ketika matahari sudah mulai surut, cahaya kuning terus menghilang, para santri siap-siap mengakhiri tadarus bersama dan siap-siap melakukan buka puasa bersama.
Pengasuh Pondok Pesantren Al Maghfiroh K Agus Fudholi menyampaikan, untuk mendapatkan Rido Allah di bulan Ramadan bukan hanya menjalankan kewajiban beribadah puasa, melainkan masih banyak hal yang bisa dilakukan. "Salah satu untuk mendapatkan Rido Allah dan menjaga ibadah puasa, para santri disibukkan dengan kegiatan pengajian, termasuk tadarus Al Quran," pungkasnya. (zie)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.