Larangan Parkir Liar Minim Sosialisasi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Larangan Parkir Liar Minim Sosialisasi

Larangan Parkir Liar Minim Sosialisasi

Written By Mang Raka on Jumat, 19 Juli 2013 | 14.00

KARAWANG, RAKA - Sosialisasi larangan parkir sembarangan di sepanjang Jalan Johar nampaknya masih sangat minim. Pasalnya beberapa hari usai sosialisasi perdana pada Kamis (11/7) lalu ternyata hingga kini masyarakat belum banyak mengetahui. Alhasil banyak mobil yang parkir di badan jalan. Selain itu ternyata dilokasi tidak terlihat ada petugas baik dari Polsek maupun Dishub.

Menurut pantauan RAKA sekitar pukul 10.15 WIB di sepanjang Jalan Johar Tuparev terlihat banyak kendaraan roda empat yang terparkir di badan jalan, baik itu dari arah karawang menuju Cikampek maupun arah sebaliknya. Kendaraan tersebut terparkir di badan jalan, meskipun di sepanjang jalan tersebut terdapat rambu dilarang parkir. Akibatnya arus lalu lintas terlihat tersendat, lantaran badan jalan menyempit.
Padahal sebelumnya Lantas Polsek Karawang Kota bersama Dishub Kominfo berkomitmen untuk melakukan sosialiasi untuk menindak parkir liar kemudian dikenakan denda. Memang disekitar lokasi ada petugas lantas Polsek Karawang Kota dan Dishub tetapi mereka bukan melakukan sosialisasi larangan parkir liar melain terlihat sibuk mengatur lalu lintas di jalur khusus angkot.
Menanggapi hal itu, Kanit Lantas Polsek Karawang Kota AKP. Herman Junaedi mengatakan, memang saat ini dengan minimnya anggota sosialisasi masih minim, meski begitu namun dirinya mengaku masih terus melakukan sosialisasi dengan menegur pengendara mobil yang parkir sembarangan. "Kalau parkir liar itu kita masih berlanjut, kita usir pengendara yang parkir liar, di depan toko-toko itu biasanya," ungkapnya kepada RAKA, Kamis (17/7).
Masih dilanjutkannya, saat ini masih dilakukan sosialiasi, dan setelah lebaran nanti baru akan dilakukan penindakan karena itu melanggar pasal 267 ayat 7 Jo pasal 106 ayat 4 huruf E dengan Rp 250 ribu yaitu melanggar aturan gerakan lalu lintas atau tata cara berhenti dan parkir. Selain itu pihaknya juga saat ini di fokuskan untuk operasi ketupat 2013. "Penindakannya setelah lebaran, kita masih sosialisasi nanti kita akan nindak langsung," tuturnya.
Selain itu, diakunya kedepan juga akan ada rencana pemasangan rambu dilarang parkir beserta tulisan dendanya akan terpasang di sepanjang jalan johar. "Nantinya kita akan pasangan pengumuman rambu di denda, terpasang disana tengah jalan, biar masyarakat tahu," katanya.
Sementara itu Kabid Lalu lintas Dishub Kominfo Kabupaten Karawang H. Adang Sumaryana mengakui memang saat ini sosialiasi yang dilakukannya masih minim, lantaran keterbatasannya petugas. Dan disisi lain juga saat ini masih terfokus untuk persiapan mudik. "Iya (masih minim sosialisasi,red) belum ada action, justru lagi fokus arus mudik,"ucapnya.
Soal sosialisasi, pihaknya juga akan menganalisa terkait tanggapan masyarakat terakait larangan parkir ini. Selain itu Adang juga mengaku akan memasang rambu dilaranag parkir disepanjang jalan johar. "Nanti rambu - rambu dipasang, setelah sosialisasi rampung kita minta tanggapan masyarakat, karena kan sesudah lebaran itu akan ditindaknya," tuturnya.
Sementara itu menurut pengakuan salah satu pengemudi yang parkir liar di Johar Rahman mengaku tidak mengatui adanya larangan parkir liar di ruas jalan ini, karena sebelumnya juga tidak ada larangan. "Gak tahu ya, baru tahu saya," singkatnya.
Jika memang itu akan diberlakukan, Rahman menanggapi hal itu dengan positif namun perlu di sosialiasikan dengan menyeluruh dan jelas. "Kalau begitu bagus, ya saya sih seruju saja tapi kita belum tahu yah, perlu sosialisasi yang menyeluruh seharusnya,"pungkasnya. (vid)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.