Tingkatkan Kompetensi, Ratusan Guru Ikut UKG - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tingkatkan Kompetensi, Ratusan Guru Ikut UKG

Tingkatkan Kompetensi, Ratusan Guru Ikut UKG

Written By Mang Raka on Kamis, 13 Juni 2013 | 14.00

RENGASDENGKLOK, RAKA - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Karawang menggelar Uji Komptensi Guru (UKG) untuk wilayah regional II Rengasdengklok yang terdiri dari sembilan kecamatan, mulai dari Senin hingga Kamis diikuti sekitar 240 guru yang ikut UKG yang digelar di beberapa tempat yang berbeda.
UKG ini dikhususkan untuk guru yang belum disertifikasi, khususnya yang ada di sembilan kecamatan di regional Rengasdengklok. Tempat penyelengaraan UKG dilaksanakan di beberapa sekolah yang ada di regional Rengasdengklok. "UKG berlangsung mulai hari Senin, 10-13 Juni 2013. Kegiatan yang diikuti 240 guru dari jenjang SD hingga SMA/SMK di sembilan kecamatan yaitu Rengasdengklok, Batujaya, Pakisjaya, Jayakerta, Pedes, Kutawaluya, Cilebar, Tirtajaya," terang pengawas UPTD Tirtajaya, H Sudirja, saat berada ditempat UKG SDN Rengasdengklok Selatan.
UKG ini sendiri lanjut Sudirja, dimaksudkan untuk memetakan kompetensi guru dalam rangka merumuskan kebijakan dan statrategi untuk mengembangkan profesi guru menjadi guru professional. "UKG merupakan tahapan awal dalam rangka menjaring guru professional. Tahap selanjutnya akan dilakukan diklat-diklat guru untuk melahirkan guru Profesional. Bagi guru yang telah memenuhi syarat guru professional akan memperoleh legalitas berupa sertifikat pendidik professional," terang Sudirja.
Dan nantinya, tambah Sudirja, pemerintah akan memberikan penghargaan bagi guru profesional yang telah diakui melalui sertifikasi pendidik berupa tunjangan profesi senilai 1 kali gaji pokok sebagaimana amanat UU Guru dan Dosen Nomor 14 tahun 2005.
Ditambahkan dia lagi, melalui UKG ini juga pihaknya akan memperoleh potret kompetensi guru yang dimiliki. Pasalnya guru merupakan komponen penting untuk kualitas pendidikan untuk itu kompetensi guru menjadi sisi yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan kualitasnya. "Dengan meningkatkan profesional dan kesejahteraan guru secara seimbang maka diharapkan pendidikan kita akan mencapai kemajuan yang signifikan," imbuhnya. Seraya berharap para guru dapat berpartisipasi aktif untuk mengikuti UKG ini, sehingga tujuan dari pelaksanaan UKG yang telah diprogramkan oleh pemerintah dalam hal ini kemdikbud dapat tercapai dan pada gilirannya mutu pendidikan dapat terus meningkat.
Ditempat yang sama, guru SDN Puspasari, Kecamatan Pedes,Wanta mengakui kalau untuk UKG ini dirinya harus menjawab sekitar 80 soal.Dan hal itu dijawab secara online, sehingga membuatnya harus jeli menjawwab setiap pertanyaan yang muncul dikomputer tersebut. ”Alhamdullah, tinggal 7 soal lagi yang harus dikerjakan.Dan untuk soal berdasarkan apa yang saya jabaw insallah bisa terjawab,”kata Wanta pada RAKA,saat diminta komentarnya tentang soal UKG yang dijawabnya. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.