Manfaatkan PPDB Online - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Manfaatkan PPDB Online

Manfaatkan PPDB Online

Written By Mang Raka on Sabtu, 01 Juni 2013 | 14.00

-Kepsek: Tak Bisa Main-main

CILAMAYA WETAN, RAKA - Masyarakat diminta sama mengikuti aturan mekanisme Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online. Selain demi suksesi dunia pendidikan Karawang, juga untuk memenuhi keadilan, khususnya dalam kuota yang ditetapkan.
Ketua Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Karawang H Ajie Ghozalie MPd menyebut, virus bagi masyarakat atau siswa yang ngotot memaksakan kehendaknya harus memasukan ke sekolah negeri, sementara kuota yang validasinya dapat terakses secara online tidak akan menerima melebihi batas kuota yang ditetapkan kabupaten di setiap sekolah.
Artinya, satu orang saja keukueh memaksakan kehendak tidak mustahil akan menyebar layaknya virus, sementara semua kepala sekolah dan OPD terkait sudah menandatangani kesepakatan pakta integritas. Untuk itu, para panitia PPDB di semua sekolah diharapkannya bersikap profesional dan benar-benar patuh aturan.
Selaku ketua forum, pihaknya menilai para kepsek SMP menyambut baik dengan sistem dari kabupaten terkait PPDB Online karena menurutnya tidak ada kelemahan secara teknis. Hanya saja, yang terpenting adalah kesadaran masyarakat dalam menghargai proses pendidikan di Karawang.
Karenanya demi pemahaman masyarakat, lewat kecamatan dan forum sosialisasi PPDB diumumkan dari kabupaten sampai masyarakat dan lembaga  pemerintah. Untuk itu, justru masyarakat sendiri yang enggan mengikuti aturan akan mengubah tatanan pendidikan karena pihak sekolah harus merujuk pada pada pakta integritas. Karena esensi dari dari PPDB online saat ini untuk menghindarkan siswa-siswa titipan. "Saya juga mengimbau para kepsek untuk melakukan PPDB secara baik dan tanggungjawab, perlu diingat bahwa kepsek SMP bukan hanya terima pendaftaran saja, namun juga mengawal lulusan ke SMA juga harus ada bimbangan dan tanggungjawab," ujarnya.
Kepala SMPN 1 Cilamaya Wetan ini menambahkan, semua pihak harus sadar bahwa PPDB harus dilakukan secara transparan untuk meningkatkan keadilan mutu pendidikan berikut kulitasnya, sehingga bermuara pada pembangunan di Karawang. Dunia pendidikan secara teknis proses awalnya adalah dari PPDB. Jika PPDB di awal amburadul, maka ke depan akan dirasa sulit. Karenanya lanjut Ajie, pemahaman semisal 'desa inti' yang harus diprioritaskan ketimbang 'desa imbas' alias desa yang berdampingan harus memenuhi kuota yang ada. Dikatakan, keunggulan PPDB online ini semua orang bisa melihat, mengakses serta bisa mengawasi.
Ditambahkannya, saat ada pengumuman kelulusan seperti Jumat sore kemarin, jumlah peserta lulus akan terdeteksi, sehingga kuota untuk rombel di setiap kelas diinput oleh Disdikpora Karawang. Karena prinsipnya passing grade diatur oleh sistem mesin dan diolah. "Nanti kabupaten yang tetapkan kuota, nah pascakelulusan akan diketahui dari provinsi berapa yang lulus hingga kemudian akan muncul kuota yang akan mengisi rombel," ujarnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.