DPRD: Izin Investasi tak Perlu Libatkan Bupati - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » DPRD: Izin Investasi tak Perlu Libatkan Bupati

DPRD: Izin Investasi tak Perlu Libatkan Bupati

Written By Mang Raka on Sabtu, 01 Juni 2013 | 14.00

KARAWANG, RAKA - Karena banyak calon investor mengeluh gara-gara proses perizinan sering terlambat disetujui bupati, Pansus DPRD yang sedang menggodok Raperda tentang Izin Lokasi bersepakat akan menghapus pasal terkait syarat keharusan izin pemanfaatan ruang bagi pengusaha yang dikeluarkan bupati di wilayah Kabupaten Karawang. 
Hal itu mengemuka saat pansus ini mengundang hearing Bapeda, BPMPT, Bagian Hukum Setda dan Bagian Pertanahan Setda. Jumat (31/5) sore, di ruang rapat I gedung DPRD. "Izin lokasi atau sekarang dikenal dengan istilah SPPR (Surat Persetujuan Pemanfaatan Ruang) sepertinya selalu jadi ganjalan akibat bupati sering lamban memberikan persetujuan tanpa alasan jelas. Makanya bagaimana kalau SPPR dihilangkan saja? Sebagai penggantinya, calon investor cukup mengantongi izin lokasi yang dikeluarkan BPMPT," saran pansus yang dikemukakan Ace Sopyan Mustari.
Apalagi keharusan SPPR, Ace melanjutkan, cuma diatur Perbup nomor 40  tahun 2011 yang konsiderannya atau cantolan hukumnya sebagai dasar dari perbup ini tidak jelas. Jika semangatnya untuk memangkas birokrasi bersamaan telah berjalannya BPMPT sebagai OPD baru sejak satu tahun lebih, Ace berpendapat, SPPR yang diharuskan bertanda tangan bupati tidak diberlakukan lagi. Menurutnya, buat apa bupati menyerahkan sebagian kewenangannya ke BPMPT terkait investasi bila masih ada hal lain yang tetap dipegangnya?
“Reformasi birokrasi harus kita buktikan secara serius. Bukan sekadar basa-basi. Justru, di saat BPMPT ada ternyata kalangan pengusaha tetap banyak mengeluh. Cuma mengurus SPPR lamanya bukan main. Kita sempat dengar, ada SPPR yang diajukan pengusaha malah dipegang orang lain di luar pemerintahan. Mungkin karena merasa orang dekat bupati. Tapi kan tidak bisa begitu kalau benar demikian. Bupati sendiri harus tegas mana urusan pribadi, dan mana urusan dinas," sentil Ace usai hearing.
Dipertegas anggota pansus lainnya, Muhtar. Ia sepakat, keberadaan BPMPT untuk menyederhanakan birokrasi terkait perizinan mesti sepenuhnya diberikan kewenangan. Dengan demikian, tegasnya, tidak lagi banyak pintu yang harus dilalui kalangan calon investor dalam melengkapi semua persyaratan izin usaha. Jika keluhan tetap dibiarkan tanpa solusi, Muhtar yakin, citra Kabupaten Karawang di kalangan pengusaha makin buruk.
“Kami minta BPMPT tidak usah ragu melakukan pembenahan. Dan setiap calon investor mengajukan izin lokasi, keluarkan saja tanpa perlu menunggu tanda tangan bupati soal SPPR. Dengan catatan, pengajuan izin lokasi yang diajukan tidak bertentangan dengan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Karawang. Apalagi dasar hukum SPPR kami rasa lemah. Coba jelaskan, seandainya SPPR dihilangkan, apakah ada hukum yang dilanggar?" tanya balik Muhtar.
Dijelaskan Kabag Hukum Setda, Kiki Saubari, bahwa landasan hukum SPPR hanyalah Perbup nomor 40 tahun 2011. Di perbup ini diatur, Bapeda diberikan kewenangan oleh pimpinan daerah terkait beberapa proses perizinan. Selanjutnya kewenangan itu sebagiannya diserahkan ke BPMPT kendati belum 100 persen. Alasannya, masih ada teknis lain yang belum bisa dikerjakan BPMPT seperti IMB hingga kini ada di Dinas Cipta Karya.
Selain itu, Kepala Bapeda Samsuri, mengakui, ada kerancuan antara SPPR dengan izin lokasi. Menurutnya, izin lokasi adalah izin yang diberikan kepada perusahaan untuk memperoleh tanah yang diperlukan dalam rangka penanaman modal. "Di sini berlaku pula sebagai izin pemindahan hak penggunaan tanah guna keperluan usaha penanaman modalnya. Sedangkan SPPR, dalam Undang-undang nomor 26 tahun 2007 menjelaskan tentang pemanfaatan ruang yang harus sesuai dengan struktur ruang dan pola ruang. Dan sebelum penerbitan izin lokasi, harus ada kajian dari Bapeda agar lahan yang diminta oleh pengusaha tidak tabrakan dengan izin lokasi yang diminta," urainya. (vins)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

Tuliskan Komentar Anda Tentang Artikel Diatas

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.