Perangkat Desa juga Keluhkan Sekdes PNS - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Perangkat Desa juga Keluhkan Sekdes PNS

Perangkat Desa juga Keluhkan Sekdes PNS

Written By Mang Raka on Rabu, 15 Mei 2013 | 14.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Setelah sebelumnya Kades Lemahabang Rusli Sumawinata yang meminta ada kajian ulang keberadaan sekretaris desa PNS, kini giliran perangkat desa lainnya angkat bicara.
Kaur Kesra Desa Pulomulya Pandi juga turut mengeluhkan keberadaan sekdes PNS yang dinilainya lebih memiliki jaminan kesejahteraan yang jelas dari negara dengan gaji yang setara dengan PNS lainnya, sementara para perangkat desa hanya mendapat sepertiga dari gaji sekdes PNS. Sayangnya, itupun kerap dirapelkan enam bulan sekali. Diakuinya, keberadaan sekdes PNS itu memang untuk administrsi desa yang berkelanjutan agar tidak kembali ke nol, namun faktanya jauh panggang dari pada api yang justru lebih banyak menimbulkan kecemburuan sosial.
Pandi menambahkan, di Desa Pulokalapa, selama dua priode saja tidak memiliki sekdes karena yang terdaftar di data base adalah nama lama yang sampai saat ini tidak pernah ada gantinya, artinya dengan adanya sekdes PNS itu seolah-olah ada kecemburuan bagi para perangkat desa lainnya.
Karena sudah logis di setiap pilkades atau hasil pilkades, maka posisi kaur yang lain itu akan rapuh karena tidak ada payung hukum yang melindungi. Sementara status kaur dengan pergantian kades yang baru maka ganti pula para prangkat yang lainnya. Tapi lain halnya dengan sekdes yang masih kerja dengan dilindungi undang-undang. Padahal pada kenyataannya belum tentu sekdes dengan kades itu sejalan atau searah visi dan misinya. "Sekdes kadang kan gak searah visi misinya dengan kades," ujarnya.
Lebih lanjut ia menambahkan, atas hal tersebut maka kiranya ia sepakat jika keberadaan sekdes PNS dikaji ulang, karena terkadang enggan mewakili kades pada acara-acara resmi. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.