Pemkab Buka Pengaduan Online 24 Jam - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pemkab Buka Pengaduan Online 24 Jam

Pemkab Buka Pengaduan Online 24 Jam

Written By Mang Raka on Jumat, 17 Mei 2013 | 14.00

PURWAKARTA, RAKA - Menggandeng Bandung Advisory Group (B-Trust), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta membentuk Pusat Layanan Informasi dan Pengaduan Masyarakat (Plipmas). Plipmas merupakan lembaga penampung dan fasilitator aspirasi masyarakat terhadap pemerintah daerah, yang diketua Sekda Purwakarta.

"Plipmas dibentuk untuk menjadi wadah penampung sekaligus fasilitator aspirasi masyarakat terhadap pemerintah daerah. Melalui Plipmas, masyarakat dapat dengan mudah menyampaikan keluhan dan aspirasinya kepada pemerintah daerah. Demikian halnya pihak Pemkab, dapat mengetahui model pembangunan seperti apa yang diharapkan masyarakat. Melalui Plipmas pula, diharapkan arah pembangunan di Purwakarta dapat lebih terarah sesuai cita-cita menuju Purwakarta istimewa," kata Wakil Bupati Purwakarta, Dadan Koswara, saat acara sosialisasi pembentukan Plipmas di aula Janaka Setda Purwakarta, Kamis (16/5).
Secara teknis, sambung Dadan, masyarakat nantinya dapat secara online menyampaikan aduannya kepada pemerintah daerah, 24 jam. Aduan tersebut akan diforward ke sejumlah OPD sesuai isi keluhan atau materi permintaan layanan tersebut. Tak hanya itu, masyarakat juga dapat memantau sejauh mana tindak lanjut dari OPD bersangkutan atas keluhan dan pengaduan yang telah disampaikannya itu. "Ini bagian dari upaya memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat," tandas Dadan, seraya menyebut Plipmas diagendakan mulai berjalan 28 Mei 2013.
Project Officer B-Trust, Mokh Ikbal, menuturkan, kerjasama pembentukan Plipmas merupakan kerjasama kali ketiga dengan Pemkab Purwakarta. Tahun 2007, B-Trust juga sempat bekerjasama dalam pembentukan Badan Penanaman Modal Pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP), dan tahun 2009 dilanjutkan kerjasama pembentukan pusat layanan pengadaan barang dan jasa (LPSE). "Kerjasama pembentukan Plipmas sudah dimulai sejak 2012. Diawali penandatangan MoU, penataan kebijakan, penyusunan SOP, studi banding, penataan sarana dan prasarana, rekrutmen pegawai hingga peningkatan kualitas SDM. Lalu ditindaklanjuti terbitnya Peraturan Bupati No 19 Tahun 2013 Tentang Pembentukan Plipmas," tandas Ikbal. Sedangkan B-Trust diakuinya merupakan lembaga sosial yang memperoleh dukungan dana dari Uni Eropa.
Ikbal melanjutkan, sebagaimana agendanya, Plipmas secara resmi baru akan launching 28 Mei 2013 mendatang bersamaan mulai digulirkannya layanan tersebut. Ikbal menegaskan, melalui Plipmas, masyarakat dapat memperoleh setiap informasi publik sebagaimana telah diatur UU No 14 Tahun 2008 Tentang Informasi Keterbukaan Publik. "Tak hanya itu, masyarakat juga bisa secara langsung menyampaikan keluhan dan masukannya kepada pemerintah daerah. Termasuk mengamati sejauh mana tindaklanjutnya," pungkas Ikbal. (nos)
Berbagi Artikel :

3 komentar:

  1. http://www.gebyarindofood2013.blogspot.com/p/blog-page.html
    ini adalah bloger penipuan

    BalasHapus
  2. aslkm. saya sangat setuju jika ada sistem pelayanan pengaduan secara on line. karena saya tidak menemukan alamat email untuk pengaduan/kritikan ke pemda karawang. misalnya saya sangat prihatin dengan pembangunan taman di depan STM adiarsa/ SMK wirasaba adiarsa dengan cara menebang beberapa pohon palm yg sebelumnya telah lama tumbuh di taman tersebut. Selain itu menurut saya pembangunan taman tersebut masih bisa ditunda, karena ada hal yg lebih penting yaitu mengenai banyaknya sampah berserakan di depan SMK wirasaba (yg IRONISnya) hanya berjarak sekitar 200 meter dari dinas kesehatan. Apakah tidak sebaiknya pembangunan bak sampah lebih didahulukan jika ingin menghias taman tersebut? begitu pula dengan sampah2 yang berserakan di perumahan samping dinas kesehatan Karawang juga tidak tersedia bak sampah, padahal perumahan yang menuju arah SMPN 2 Karawang tersebut, tergolong rumah-rumah elite dan sangat dekat dengan dinas kesehatan. terimakasih semoga mendapat perhatian. wslm

    BalasHapus
  3. saya kecewa dengan kinerja bupati karawang yg lambat menangani kasus masyarakat nya.. seperti saya yg hmpir 2 tahun krja g d byar oleh phak taiwan..saya menjadi korban trafiking bersama 203 lain nya teman saya yg berasal dr berbagai daerah, saya sudah hmpir 1 tahun berjuang d jakarta menuntut hak dan gajih saya .. dgn mendatangi .. kemenlu,kemenham,kemensos,bareskrim,MPD DPR RI, dan instansi instansi hukum lainnya..saya hanya se orang diri warga karawang yg g dapat bantuan dr pemerintah setempat berupa bantuan perlindungan hukum,restitusi,dan reintegrasi .. seperti umum nya tmn saya yg berasal dr jawa tengah dan jawa timur.. padahal surat pengajuan sudah saya lampirkan 3 pekan yang lalu dr TP TKI d jakarta D tunjukan buat bupati karawang h.ade swara M.H.. melalui kuasa hukum saya iskandar zulkarnaen SH.M.H.. sampai detik ini saya belum mendapatkan panggilan penanganan kasus saya dr pemkab karawang..tidak sesuai perda 2011 tentang perlindungan TKI yg sudah d atur dalam perda kab karawang.. jika dalam waktu 1 bulan belum ada penanganan saya dan kuasa hukum saya beserta ormas yg tergabung dalam KPI ( kesatuan pelaut indonesia) dan FSPILN (forum solidaritas pekerja indonesia luar negri) akan mencoba mendatangani kantor bupati karawang..
    terima kasih atas perhatian nya ,,
    wasalam
    yogi agustian hp : 083808302287

    BalasHapus

 
Support by : The-Kiel Admin MaNg RaKa
Copyright © 2012. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template
Best View using Mozilla Firefox version 3 or higher.