Pembangunan Desa Kutakarya Mandek - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Pembangunan Desa Kutakarya Mandek

Pembangunan Desa Kutakarya Mandek

Written By Mang Raka on Kamis, 02 Mei 2013 | 14.00.00

- SK Pjs Kutakarya Terkendala Rekomendasi Camat

KUTAWALUYA,RAKA- Kisruh yang terus berkepanjangan mengenai ketidak jelasan pembangunan di Desa Kutakarya, Kecamatan Kutawaluya tidak mendapat perhatian khusus Camat Kutawaluya. Setidaknya hal itu tercermin dari sikap Camat yang terkesan menghambat proses pembangunan di Desa Kutakarya dengan hingga kini belum juga mengirim surat rekomendasi terkait pengangkatan Pejabat Sementara (Pjs) Kades Kutakarya Rohiman yang sudah disetujui BPD Desa Kutakarya.
Kabid Pemerintahan Desa BPMPD Karawang, W. Hernawan F mengungkapakan, hingga kini belum ada surat dari Camat Kutawaluya sebagai syarat BPMD memberikan Surat Keputusan (SK) pengangkatan Pjs di Desa Kutakarya. Hal itu disampaikannya pada RAKA melalui pesan singkat saat dimintai tanggapan sudah masuk belumnya surat rekomendasi terkait pengangkatan Pjs, agar bisa terlaksananya pembangunan di Desa Kutakarya yang sudah mandeg sejak 2012, hingga kini belum ada kejelasan. ”Belum ada kang, yang sudah ada hanya baru dari BPD Desa Kutakarya,” jawab Hernawan.
Padahal sebelumnya, Hernawan mengungkapkan, kalau pihak BPD sudah mengirimkan surat terkait pengangkatan Pjs yang dimana sudah menunjuk Sekdes Rohiman yang juga Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk menjadi Pjs. Pertimbangan BPD untuk adanya pembangunan di Desa Kutakarya, mengingat syarat pencairan bantuan desa harus ada Pjs desa setelah penetapan Kades terpilih terbelit hukum. ”Memang sebelumnya BPD juga masih banyak perbedaan untuk Pjs Rohiman mendapat SK. Namun berdasarkan ketentuan ketika Kades terpilih tidak ada, maka untuk melanjutkan kepemimpinan di desa, selain harus mengagkat Pjs dengan kriteria PNS. Dan pertimbangan itu, akhirnya BPD sudah mengirim surat rekomendasi syarat pemberian izin diturunkannya SK Pjs. "Dan selain BPD, rekomendasi Camat yang sifatnya menyetujui atas sikap BPD untuk jadi ketentuan BPMD hingga kini malah belum dikirim,” ungkapnya pada RAKA saat ikut dalam saba desa di Kecamatan Jayakerta Jumat kemarin.
Dan ditempat yang sama, Camat Kutawaluya, Baim mengatakan, untuk masalah surat rekomendasi atas persetujuan Pjs yang sudah dikirim BPD, dirinya mengaku minta waktu untuk mempelajarinya. ”Saya akan mempelajarinya terlebih dahulu, namun saya usahakan Senin atau Selasa akan mengirim surat tersebut. Itu hal mudah untuk mengirim surat rekomendasi, tapikan saya harus mempelajarinya,” ungkapnya beberapa waktu lalu saat saba desa Kecamatan Jayakerta juga.
Sementara itu, menurut Camat Rengasdengklok, Drs.Maman Supratman, sebagai Camat dalam fungsi yang dimilikinya lebih pada monitoring dan juga kordinator. Jadi untuk masalah Pjs, itu sepenuhnya ada dipihak BPD. Jika pihak BPD sudah melayangkan surat dan merekomendasikan Pjs untuk diberikan SK, Camat dalam hal ini hanya melengkapi dengan ikut memberikan surat rekomendasi. ”Dalam hal Pjs, peranan Camat untuk ikut mendorong agar secepatnya ada Pjs jika di suatu desa terdapat kekosongan Kades. Sehingga dengan BPD mengambil sikap, maka Camat dalam hal ini tidak perlu ikut campur dan hanya menjadi pengkoordinasi dan juga mempercepat proses yang mendorong kelancaran pembangunan di desa,” jelas Camat Rengasdengklok yang diminta tanggapan RAKA, terkait peran Camat atas pengangkatan Pjs. (dri)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template